Cara Mudah Atasi Sariawan pada Anak

Berandasehat.com – Jika sedang mengalami sariawan tentu mudah bagi kita untuk mengatasinya. Misalnya dengan memberi salep atau obat  oles untuk sariawan. Namun Bagaimana Cara Mengatasi Sariawan pada Anak? Jika sariawan yang terjadi pada anak usia sekolah, mungkin lebih mudah diketahui karena biasanya mereka cenderung sudah bisa mengungkapkan apa yang terjadi. Namun pada anak-anak usia balita tentu akan menyulitkan mereka. Jika tiba-tiba anak tidak mau makan, badan panas, lebih rewel atau sering nangis, tidak mau minum ASI, dan lainnya. Mungkin saja mereka sedang mengalami sariawan. Untuk mengatasi sariawan pada anak tidak semudah saat mengatasi sariawan pada orang dewasa. Baca juga Tips Sederhana Mengobati Luka di Mulut atau Lidah.

Sariawan pada anak tidak selalu kekurangan vitamin C. Sebelum mengetahui cara mengatasi sariawan pada anak, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab sariawan tersebut. Setidaknya ada beberapa penyebab sariawan pada anak, diantaranya :

1. Akibat Jamur Candida Albicans yang berada pada lidah. Biasanya mudah tumbuh pada lidah anak saat daya tahan anak sedang menurun.

2. Akibat virus Herpes Simplex. Virus ini sering berda di belakang tenggorokan. Saat daya tahan tubuh anak sedang turun, anak bisa terkena sariawan pada bagian tenggorokan.

3. Akibat tergigit atau tergores sikat gigi. Itulah sebabnya perlu dipilihkan sikat gigi yang sesuai untuk anak. Bentuknya kecil, bulu sikatnya lembut. Hal ini agar anak tidak kesulitan menyikat gigi. Tergores sikat gigi atau tergigit akan meninggalkan luka sehingga kuman mudah masuk. Nah, peradangan yang terjadi bisa menyebabkan sariawan.

4. Akibat stress atau banyak pikiran. Bisa terjadi pada anak-anak usia sekolah. Misalnya banyak tugas, ujian atau mata pelajaran yang tidak dipahami. Atau sedang bermasalah dengan teman-temannya karena diejek, dijauhi karena masalah sepele dan sebagainya. Selalu dekat dengan anak sehingga anak mudah bercerita masalahnya.

Jika sudah mengetahui penyebab-penyebabnya, baru kemudian mencari cara untuk membantu mengatasi sariawan pada anak. Cara Mudah Atasi Sariawan pada Anak diantaranya :

1. Tetap berikan ASI. Jika masih balita dan menyusu, tetap berikan ASI karena ASI merupakan obat aling ampuh untuk balita. Jika kesulitan menyusu berikan menggunakan sendok sedikit demi sedikit.

2. Berikan minuman atau makanan segar. Misalnya jus buah, yogurt, buah semangka, agar-agar,  dll. Makanan dan minuman segar jelas lebih membuat nyaman mulut yang sedang sariawan. Jika memang menolak makan nasi, jangan dipaksakan.

3. Berkumur menggunakan air garam. Larutkan garam secukupnya pada segelas air hangat, jika anak sudah bisa berkumur, berikan larutan tersebut dan minta anak untuk berkumur. Dalam sehari bisa dilakukan dua kali atau lebih.

4. Oleskan madu pada sariawan. Jika anak belum bisa berkumur, oleskan madu pada bagian yang terkena sariawan. Lakukan pelan-pelan agar anak tidak merasa perih.

5. Jaga kebersihan gigi dan mulut. Tetap usahakan gigi dan mulut anak dibersihkan. Karena kuman pada mulut hanya akan memperparah sariawan.

Jangan lupa untuk tetap memberikan banyak minum air putih, baik pada balita maupun anak-anak. Jika Cara Mudah Atasi Sariawan pada Anak tersebut belum mampu meringankan sariawan yang tengah diderita anak, segera bawa ke dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut. Karena bisa jadi terdapat penyebab yang lain. Semoga membantu.