Cara Mudah Cegah Penyakit Pilek

Berandasehat.com – Cara Mudah Cegah Penyakit Pilek bisa dicoba oleh siapa saja baik pria maupun wanita segala usia. Hal ini tidak lain karena pilek merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa menyerang siapa saja. Biasanya kasus penyakit pilek banyak ditemui saat musim pancaroba. Penyakit ini akan menyerang siapa saja yang memiliki daya tahan tubuh yang tengah menurun. Virus atau bakteri akan sangat mudah masuk dan menyerang tubuh. Saat pilek menyerang membuat orang terganggu aktifitasnya. Orang akan cenderung ingin tidur, lemas, pusing dan mungkin ada gejala lainnya. Baca juga 6 Cara Pengobatan Flu yang Bisa Dilakukan di Rumah.

Berdasarkan informasi dari tempo.co disebutkan bahwasanya berdasarkan perkiraan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mampu mencegah sekitar 16 persen infeksi pernafasan dan sebagian besar penyakit yang datang dari makanan. Saat mencuci tangan disarankan untuk menggosok tangan dengan sabun setidaknya 20 detik meliputi telapak tangan, sela-sela jari, dan punggung tangan. Setelah itu bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk atau tissue bersih.

Beberapa Cara Mudah Cegah Penyakit Pilek lainnya yang bisa dilakukan antara lain :

1. Cukup Istirahat atau Tidur. Banyak penelitian menyebutkan tidur berpengaruh terhadap kesehatan fisik maupun mental. Ketika seseorang kurang tidur dikatakan lebih mudah terserang virus flu maupun virus lainnya. Cukup tidur akan membuat tubuh seseorang lebih tahan menghadapai infeksi.

2. Olahraga. Manfaat olahraga telah dikenal luas. Dengan berolahraga peredaran darah lebih lancar. Berolahraga juga mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga lebih tahan menghadapi infeksi. Olahraga yang paling tepat untuk mencegah penyakit adalah melakukan olahraga ringan saja tidak perlu melakukan olahraga berat yang justru menguras tenaga.

3. Vitamin D. Vitamin yang bisa diperoleh melalui sinar matahari pagi ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat fungsi otot yang memiliki efek antioksidan dan anti-iflamasi lebih maksimal. Vitamin D juga berfungsi penting untuk keseimbangan fungsi sel.

4. Mengonsumsi makanan bernutrisi. Makanan bernutrisi tidak sekedar membuat kenyang tetapi juga memenuhi kebutuhan vitamin, mineral yang berfungsi melindungi tubuh. Konsumsi buah, sayur, protein ikan, kacang-kacangan dan lainnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Hindari tempat ramai. Usahakan tidak terlalu sering berada di tempat-tempat ramai. Artinya pergi ke lokasi keramaian sebaiknya hanya jika memang perlu bukan sebagai kebiasaan. Pasalnya di tempat ramai ada banyak orang yang bisa jadi ada yang sedang flu, selain itu paparan debu, sirkulasi udara di ruangan yang kurang baik dan seterusnya memungkinkan ada banyak bakteri dan virus di sekitarnya.

Jika memang harus berada di lokasi keramaian, menggunakan masker bisa menjadi salah satu solusi. Selain itu saat akan makan atau ketika sudah kembali ke rumah segera bersihkan diri dengan cuci tangan, mandi dan berganti pakaian untuk meminimalisir terkena penyakit. Semoga dengan beberapa Cara Mudah Cegah Penyakit Pilek tersebut Anda dan keluarga bisa terhindar dari penyakit tersebut.