Cara Sederhana Meringankan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menyerang siapa saja. Anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua. Tidak hanya menyerang perempuan tetapi juga laki-laki. Ada banyak hal yang bisa menyebabkannya. Mulai dari kelelahan, stress, tanda mengalami penyakit tertentu dan lainnya. Saat sakit kepala menyerang jelas akan menganggu aktifitas. Biasanya, saat sakit kepala orang cenderung segera mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Namun sebaiknya jangan segera minum obat karena terlalu banyak atau sering mengonsumsi obat juga tidak terlalu baik dampaknya bagi tubuh.

Apalagi untuk sakit kepala karena stress atau banyak pikiran biasanya ada ada cara sederhana untuk mengatasinya. Beberapa Cara Sederhana Meringankan Sakit Kepala yang bisa dicoba terlebih dahulu antara lain :

1. Berisitirahat sejenak dari aktifitas yang sedang dilakukan. Adakalanya terlalu lelah, terforsir dan tegang dengan pekerjaan bisa membuat otot-otot tegang begitu pula dengan pikiran. Pergi ke kamar mandi atau keluar mencari udara segar. Gerakkan kepala atau lakukan pemanasan ringan. Hal ini akan membuat peredaran darah lebih lancar. Begitu pula dengan aliran oksigen ke otak sehingga lebih rileks.

2. Jika masih belum reda, bisa menggunakan minyak peppermint atau minyak kayu putih. Caranya dengan mengoleskannya pada bagian samping kening atau sekitar leher belakang. Hangatnya minyak kayu putih atau peppermint serta aromanya akan membuat otot menjadi longgar dan pernafasan menjadi lebih lancar.

3. Lalu bisa dilanjutkan dengan mengonsumsi minuman hangat favorit. Misalnya jahe hangat, teh hangat dan lainnya. Sebaiknya jangan terlalu manis. Lebih baik lagi jika ditambah dengan madu. Atau bisa juga dengan kopi tetapi sebaiknya jangan terlalu banyak. Kadar kafein yang ada pada teh atau kopi bisa membantu lebih rileks dan pembuluh darah lebih longgar.

4. Minum banyak air putih. Adakalanya sakit kepala terjadi disebabkan pula karena kurangnya air dalam tubuh atau mengalami dehidrasi. Jangan sampai menunggu sampai sangat haus baru minum. Jangan menunggu sampai air kencing berwarna orange atau keruh karena hal tersebut tanda sedang mengalami dehidrasi.

5. Perhatikan pola makan sebelumnya. Adakalanya orang merasa sakit kepala setelah mengonsumsi makanan tertentu. Perhatikan makanan atau minuman apa yang sebelumnya telah dikonsumsi. Makanan sehat dan bergizi jelas paling disarankan untuk menjaga kesehatan.

Jika Cara Sederhana Meringankan Sakit Kepala tersebut masih belum mampu mengatasi sakit kepala yang dialami maka baru dicoba untuk mengonsumsi obat tertentu. Ambil obat dengan dosis ringan seperti paracetamol dan jika masih belum reda juga sebaiknya segera ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan lebih intensif.

Beri Nilai Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *