Cara Tepat Mengendalikan Asam Urat

Berandasehat.com – Asam urat seringkali membuat penderitanya begitu kebingungan mencari Cara Tepat Mengendalikan Asam Urat yang diderita. Asam urat merupakan sebuah penyakit yang menyerang bagian sendi dan tendon diakibatkan timbunan kristal urat. Mengapa bisa terjadi timbunan kristal urat? Hal ini dikarenakan asam urat yang menumpuk pada bagian sendi dan tendon. Sehingga mengakibatkan peradangan. Umumnya diderita orang berusia 35 tahun ke atas. Gejala yang biasanya dirasakan biasanya pada jempol kaki terasa nyeri kemudian merambat ke persendian kaki. Sangat mirip dengan gejala penyakit arthritis.

Jika sudah didiagnosis terkena asam urat, ada baiknya penderita benar-benar menjaga setiap makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Hal ini agar terhindar dari lonjakan peningkatan asam urat sehingga tidak terjadi peradangan yang menyakitkan.

Ada beberapa Cara Tepat Mengendalikan Asam Urat yang bisa dilakukan sehari-hari teratur diantaranya :

1. Menjaga Pola Makan

Sebaiknya menjaga setiap makanan yang dikonsumsi dengan menerapkan pola makan sehat. Misalnya dengan meningkatkan konsumsi makanan berkarbohidrat terutama karbohidrat kompleks misalnya nasi merah, kemudian sayuran dan buah.

Selain itu perlu menghindari makanan yang mengandung purin yang cukup tinggi. Purin merupakan salah satu bagian dari protein. Zat purin banyak ditemukan pada sumber-sumber protein seperti jeroan (hati, ampela, usus, babat, ginjal dan lainnya), sarden, kornet, sea food (udang, kepiting, cumi).

2. Olahraga secara Teratur

Olahraga bisa membantu memperlancar peredaran darah. Bisa dilakukan setidaknya selama 30 hingga 45 menit. Selama seminggu setidaknya dilakukan 3 hingga 5 kali latihan. Tidak perlu dengan olahraga yang berat. Cukup jongging, jalan kaki, atau bersepeda santai.

3. Hindari Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman yang mengandung alkohol bisa meningkatkan asam laktat plasma. Yaitu zat yang mampu menghambat asam urat dalam tubuh yang harusnya dikeluarkan.

4. Konsumsi Banyak Air Putih dan Jus Buah

Jika memang sudah didiagnosis terkena asam urat sebaiknya perbanyak konsumsi air putih dan jus buah. Hal ini diperlukan untuk mengeluarkan asam urat melalui urine. Jus buah yang disarankan misalnya jus buah jeruk, melon, semangka, belimbing dan sirsak. Buah-buahan tersebut banyak mengandung air dan vitamin C. Sangat berguna sebagai detoksifikasi dan mengeluarkan asam urat berlebih dalam tubuh.

Untuk benar-benar merasakan manfaat Cara Tepat Mengendalikan Asam Urat tersebut tentu saja harus dilakukan dengan teratur.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *