Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal

Berandasehat.com – Ginjal merupakan salah satu organ dalam manusia yang sangat penting sehingga perlu diketahui bagaimana Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal. Ginjal berfungsi sebagai filter atau penyaring tubuh dari racun dan zat yang tidak penting bagi tubuh. Ketika kesehatan ginjal terganggu bahkan mengalami kerusakan maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh misalnya terjadi kerusakan syaraf, kerusakan kelenjar tiroid, pengeroposan tulang bahkan mengalami penyakit kardiovaskuler. Selama ini tidak terlalu banyak dibahas cara menjaga kesehatan ginjal. Terkadang bahkan diabaikan dan kurang mendapat perhatian.

Padahal Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal cenderung sangat mudah dan bisa dilakukan sehari-hari. Memperhatikan gaya hidup juga menjadi faktor penting menjaga kesehatan ginjal. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain :

1. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh khususnya perbanyak konsumsi air putih. Minum banyak air putih akan membantu mempermudah kinerja ginjal. Jangan sampai mengalami dehidrasi. Hal ini bisa diketahui dengan mengetahui warna urine. Semakin banyak minum air putih maka semakin jernih wana urine yang dikeluarkan. Konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air juga termasuk upaya mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Baca juga Kenali Ciri Urine Normal dan yang Tidak Normal.

2. Menjaga kestabilan kadar gula darah. Salah satu penyebab atau faktor risiko penyakit ginjal adalah penyakit diabetes. Sehingga jika Anda termasuk penderita diabeters sebaiknya selalu jaga kadar gula dalam darah.

3. Seimbang dalam beraktifitas dan berisitirahat. Aktif melakukan aktifitas fisik sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Tentu saja harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Kelelahan tidak baik untuk kesehatan badan secara keseluruhan.

4. Jauhi konsumsi minuman beralkohol dan rokok. Konsumsi minuman beralkohol akan berbahaya bagi kesehatan ginjal. Ginjal akan dipaksa bekerja terlalu berlebihan. Begitu pula rokok yang juga akan berpengaruh pada ginjal.

5. Sebaiknya tidak mengonsumsi obat secara sembarangan. Saat ini obat-obatan bisa dengan mudah dibeli melalui apotek meskipun tanpa resep dokter. Sebaiknya mengonsumsi obat yang memang telah direkomendasikan dokter. Selain itu jika Anda harus mengonsumsi obat maka harus diperbanyak minum air putih sehingga kinerja ginjal tidak terlalu berat.

Jika memiliki faktor risiko misalnya menderita penyakit diabetes sebaiknya secara rutin melakukan pemeriksaan fungsi ginjal. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah tidak terdeteksinya penyakit ginjal yang mungkin dialami. Melalui Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal yang bisa dilakukan sehari-hari tersebut semoga kesehatan ginjal kita lebih terjaga.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *