Apa Saja Ciri Tumor Payudara Di Samping Benjolan Abnormal?

Seringkali para wanita dikejutkan salah satu ciri tumor payudara yang tiba-tiba bertumbuh cepat. Biasanya saat payudara diraba atau ditekan bisa dirasakan tanda ketidaknormalan. Bentuknya mulai dari benjolan kecil atau sudah ukuran besar.

Sebagian penderita jarang merasakan sensasi nyeri sehingga dianggap tidak mengganggu. Tapi selang beberapa waktu kemudian mulai timbul gejala kanker yang baru diwaspadai belakangan waktu.

mengenal ciri tumor payudara

Kanker payudara menjadi penyebab kasus kematian tertinggi dimana lebih dari 80% penderitanya terlambat memeriksakan diri. Sebagian besar didominasi wanita dewasa berusia 20 – 50 tahun ke atas. Pada kisaran usia menopause di atas 50 tahun resikonya jauh meningkat. Namun kini tak sedikit remaja berusia 16 – 19 tahun yang menjalani operasi pengangkatan tumor jinak maupun bersifat ganas.

Meski penyebabnya tak diketahui pasti, namun beberapa faktor resiko pemicu, antara lain:
• Mengalami haid atau menstruasi dini sebelum 12 tahun.
• Wanita yang belum pernah menikah.
• Setelah Ibu melahirkan anak pertama di atas usia 35 tahun.
• Menopause terlambat setelah usia 55 tahun.
• Kegemukan atau obesitas ketika sudah menopause.
• Sering mengkonsumsi minuman beralkohol.

Dikarenakan setiap wanita berpotensi mengidap kanker ini maka berbagai kondisi payudara “abnormal” penting diperhatikan sedini mungkin. Jangan ragu-ragu untuk segera berkonsultasi dengan Dokter Ahli terutama Spesialis Bedah Onkologi. Terlebih lagi kalau Anda mencurigai ciri tumor payudara dengan gejala seperti berikut.

Gejala Umum Ringan Hingga Berat

Perjalanan penyakit kanker memang sangat sukar diprediksi. Setiap wanita dapat mendeteksi sendiri ada tidaknya benjolan atau penebalan kulit payudara setiap selesai menstruasi bulanan. Jikapun ada seperti geronjalan lemak tidak berarti langsung menjurus pada tumor ganas meski tetap harus diwaspadai.

Beberapa ini yang menjadi ciri keganasan lanjut adalah:

1. Permukaan Benjolan

Bilamana diraba terasa keras dan tidak nyeri, terkadang bisa bergerak atau berpindah posisi. Bahkan untuk jumlahnya bisa saja lebih dari satu dan tersebar pada seluruh bagian payudara

2. Puting Susu Berdarah

Saat kanker mulai menyerang Anda mungkin melihat keluarnya cairan dari puting disertai darah atau nanah.

3. Perubahan Bentuk Asimetris

Terjadi perbedaan ukuran dari salah satu atau kedua payudara. Selain asimetris, bentukan puting seperti menjorok masuk ke dalam, dan kulit payudara semakin berkerut ibarat kulit jeruk.

4. Pembuluh Darah Kebiruan

Sebagian wanita menemukan pembuluh darah mereka menonjol dengan warna kebiruan, tetapi tidak sakit. Kemunculan bentuk abnormal seperti koreng dan eksim juga termasuk pertanda buruk

5. Gatal Kulit Dan Bercak Ruam

Semakin tinggi stadium tumor kanker, penderita dapat merasakan gatal-gatal yang sulit untuk tertahankan. Warna kebiruan tadi mulai menimbulkan ruam merah di sekitar puting susunya.

6. Kelenjar Getah Bening Membengkak

Sementara pada stadium akhir benjolan sebagai ciri tumor payudara bisa merembet pembengkakan getah bening di bagian ketiak, nyeri tulang dan persendian, hingga sesak napas.

Pemeriksaan Untuk Deteksi Kanker

Ketika ditemukan ciri tumor payudara yang mengarah kepada sel-sel kanker, diagnosis dilakukan melalui tiga prosedur utama, seperti:

• Mamografi

Mamografi bertujuan untuk skrining keberadaan kanker melalui pencitraan sinar X pada jaringan yang dikompresi. Dengan mamografi terutama bagi wanita berusia 35 tahun ke atas, kanker stadium 0 dapat terdeteksi saat masih berupa bintik putih yang melapisi sel payudara.

• USG

Pada perempuan muda pemeriksaan USG saja dapat memastikan apakah benjolan payudara berbentuk padat atau mengandung cairan

• Biopsi

Proses mengambil sampel sel-sel payudara kemudian mengujinya, supaya diketahui apakah sel-sel tersebut adalah kanker. Sampel biopsi juga diteliti untuk mengetahui jenis sel kanker payudara tersebut, keganasannya, serta reaksinya terhadap hormon dalam tubuh pasien.

• MRI Dan CT Scan

Pemeriksaan lanjutan saat penderita didiagnosis positif kanker payudara dianggap sangat penting guna mengecek laju persebaran tumor ke bagian lain, khususnya kelenjar getah bening.

Tentu langkah mengatasi ciri tumor payudara sejak awal jauh lebih baik daripada kondisi tubuh terlanjur memburuk. Bagaimanapun pertanda kanker yang terdeteksi sejak tahap awal sangat berpeluang sembuh. Terutama jika dilakukan langkah-langkah pengobatan dan terapi medis yang tepat. Seperti rutinitas kemoterapi dan semacamnya bagi penderita kanker stadium awal dan akhir.

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)