Contoh Bisnis Modal Kecil Laundry Rumahan

Laundry dapat menjadi contoh usaha rumahan bermodal minimalis keuntungan fantastis yang jika digarap secara serius akan bisa menjadi satu usaha yang sangat menjanjikan. Jadi disini Anda memang haus pandai mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Beberapa caranya adalah dengan memberikan harga yang murah, pelayanan yang cepat dengan hasil bersih. Hal ini sekaligus menjadi kiat bagi Anda di dalam mencari pelanggan. Bahkan jika memang perlu Anda dapat melakukan survei ke sejumlah tempat usaha cuci maupun meminta brosur agar nantinya Anda mengetahui kisaran harga pasarnya.

Ketika Anda berniat untuk memperluas bisnis, maka Anda juga dapat mencoba menerapkan sistem sewa, termasuk mengeringkan, mencuci maupun setrika. Tujuannya sendiri agar para pelanggan di tempat laundry Anda merasa sedang berada di rumah sendiri serta dapat secara langsung bertindak mengontrol hasil cuciannya masing-masing. Disini Anda dapat mematok harga sewa yang berkisar di nilai Rp 5000 per jam saja, namun tidak mencakup detergen maupun pengharum pakaian yang dapat mereka bawa sendiri atau membelinya dari Anda. Meskipun demikian masih ada hal lainnya yang harus Anda perhatikan jika ingin menjalankan bisnis ini.

Lokasi

Untuk dapat memulai sebuah usaha, maka pemilihan lokasi memang sangat penting dan Anda dapat melakukannya sendiri di rumah sehingga tidak akan membutuhkan biaya sewa tempat. Sementara di dalam menjalankan bisnis laundry, hal yang terpenting ketika sudah menetapkan lokasi adalah mulai gencar melakukan promosi. Dengan demikian orang-orang akan mudah mengetahui dimana Anda membuka usaha tersebut. Baca juga: Cukup 3 Kemampuan ini Saja, Sukses Geluti Bisnis Online Affiliate Marketing

Pelanggan

Umumnya pengguna jasa dalam bidang ini bukan hanya berasal dari kalangan menengah ke atas. Di sebagian besar pelanggan biasanya justru berasal dari lingkungan perumahan, mahasiswa maupun tempat kos dari karyawan kantoran. Kemungkinan sebagai tahapan awal, Anda dapat mencobanya dengan mencari pesanan dari rekan-rekan atau lingkungan sekitar Anda. Agar lebih efektif sebarkan saja brosur yang berisi daftar harga cucian, selanjutnya sebarkan brosur tersebut ke lingkungan yang ada disekitar Anda. Untuk dapat menjaring pelanggan di dalam jumlah besar, maka Anda dapat juga melakukan pendekatan ke losmen atau hotel terdekat. Jika mereka merasakan puas, pastinya Anda juga yang nantinya akan memetik hasilnya. lihat juga: Aplikasi Kasir Online Omegasoft

Tenaga kerja

Agar bisnis Anda ini dapat berjalan dengan maksimal, lebih baik Anda merekrut satu atau dua orang pegawai. Hal ini sangat bergantung pada perkembangan bisnis Anda nantinya. Jika dibutuhkan Anda dapat memberlakukan sistem kerja bergilir yang misalnya saja dibagi menjadi sift siang dan pagi. Di dalam penggajian pun Anda dapat menerapkan sistem bagi hasil dengan memberikan gaji bulanan yang tidak begitu besar dan memberikan bonus dari banyaknya cucian yang ditanganinya.

Modal usaha

Untuk dapat mendirikan bisnis rumahan laundry semacam ini Anda membutuhkan modal yang tidak begitu banyak. Karena disini Anda hanya membutuhkan investasi yang berkisar pada Rp 1,5 juta-Rp 4 juta. Modal tersebut nantinya Anda gunakan membeli mesin cuci sekaligus mesin pengering pakaian dengan jumlah yang dapat Anda sesuaikan dengan besarnya bisnis. Usaha yang satu ini juga sangat membutuhkan setrika listrik dengan harga sekitar Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per buah. Alat-alat penunjang lainnya dalam usaha ini adalah rak tempat pakaian siap kirim atau ambil pelanggan, harga pasaran dari rak pakaian sendiri berkisar mulai Rp 500.000 hingga Rp 1 juta. Ditambah dengan biaya operasional lainnya seperti pembelian air maupun pembayaran listrik.

Beri Nilai Artikel