Cukup 3 Kemampuan ini Saja, Sukses Geluti Bisnis Online Affiliate Marketing

Bicara soal bisnis online ini, kemungkinan kebanyakan dari kita hanya terpikirkan mengenai toko online ataupun model bisnis Cost Per Click seperti Adsense dan lainnya. Ada satu model bisnis online yang cukup jarang dibicarakan dan cukup jarang pula dicoba: Bisnis Affiliate Marketing.

Affiliate Martketing merupakan model bisnis dimana kita mempromosikan produk yang dimiliki oleh orang lain. Kemudian, komisi yang kamu terima adalah berdasarkan ‘action’, seperti misalnya pembelian, dilakukannya input data, berlangganan ataupun lainnya.

Di Indonesia sendiri sebenarnya model bisnis ini sudah mulai banyak diterapkan oleh beberapa website. Beberapa di antaranya adalah website pemesanan tiket, website e-commerce dan sebagainya. Mereka menyediakan semacam script ataupun link referral yang bisa Anda pasang pada situs kamu.

Berikut beberapa “action” yang mesti kamu kejar:

  • Pengisian formulir pendaftaran
  • Memasukkan alamat email
  • Isi survei
  • Unduh dokumen
  • Menginstal aplikasi
  • Transaksi / Pembelian produk/jasa

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, ketika ada pengunjung situs kamu yang melakukan “action” seperti di atas maka komisi akan kamu terima. Besaran nilai komisi ini sangat beragam. Kalau kamu mengikuti program affiliate dari situs luar negeri tentu saja komisi yang kamu terima dalam nilai dolar. Jika dari dalam negeri maka dalam bentuk rupiah. Ada yang memberikan sekitar US$0,01 atau bahkan sampai dengan US$50! Tentu saja makin sulit penyelesaian yang dilakukan maka makin tinggi pula komisi yang kamu peroleh. Action berupa transaksi pembelian biasanya akan lebih mahal ketimbangkan ‘hanya’ mengisi email, bukan?

Tertarik untuk coba model bisnis online satu ini sebagai usaha sampingan ini? Apa sih modal yang harus kamu siapkan? Setidaknya 3 (tiga) kemampuan dasar berikut wajib kamu miliki.

Tiga Kemampuan Dasar untuk Affiliate Marketing

Copywriting

Yap! Tugas kamu adalah memasarkan, itu artinya kamu harus bisa meyakinkan orang lain melakukan tindakan. Tak hanya dalam affiliate marketing saja, pemasaran online apapun yang kamu lakoni butuh kemampuan menulis. Namun, terlebih lagi dalam bisnis affiliate marketing.

Jika kamu berencana mengikuti program afiliasi dari situs luar negeri maka kemampuan copywriting dalam bahasa Inggris mutlak diperlukan. Tak dipungkiri, nilai komisi yang lebih tinggi menjadi daya tarik program afiliasi dari luar negeri.

Membangun Website /Blog

Setidaknya kamu butuh kemampuan untuk membangun blog ataupun website yang akan jadi sumber penghasilan kamu. Kemudian, sedikit kemampuan HTML ataupun CSS bisa jadi nilai tambahan dan sebaiknya mesti kamu pelajari. Dengan begitu, kamu punya landing page yang akan mengarahkan ke program yang akan kamu tawarkan kepada pengunjung.

Nah, bagaimana menarik pengunjung agar bisa sampai ke situs milik kamu? Kemampuan membangun website saja tak cukup, beberapa keahlian dasar seperti promosi dan SEO sebaiknya kamu pelajari pula.

Belajar, belajar dan tekun

Inilah salah satu sifat dan tindakan yang perlu terus kamu lakukan ketika melakukan model bisnis afiliasi. Ada beragam hal yang harus kamu pelajari dan ini juga butuh ketekunan agar menghasilkan. Kemampuan ini akan membawa kamu ke arah kesuksesan. Tentu saja tak dipungkiri dalam proses belajar ini bisa jadi kamu melakukan kegagalan demi kegagalan baik dalam jumlah kecil maupun besar. Akan tetapi, dengan ketekunan, bukan tak mungkin – bisnis afiliasi ini memberikan hasil luar biasa!

Jadi, masih tertarik, kan, untuk coba bisnis online yang tak boleh dipandang sebelah mata ini?

Baca juga artikel review bisnis terbaru dari kami tentang Vivagoal Situs Berita Bola Terkini  dan Aplikasi Kasir Online Omegasoft

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *