Dampak Begadang Selama Piala Dunia 2014

Berandasehat.com – Dampak Begadang Selama Piala Dunia 2014 mungkin tidak banyak disadari oleh para penggemar sepak bola. Bahkan untuk beberapa orang mungkin tidak dirasakan. Perbedaan waktu antara Indonesia dan Brasil membuat para penonton sepak bola di Indonesia bisa melihat pertandingan selama Piala Dunia 2014 berlangsung pada malam atau dini hari. Akibatnya waktu istirahat pun semakin berkurang karena lebih banyak begadang untuk bisa melihat aksi tim nasional dan pemain idola bertanding. Begadang memang bisa dilakukan namun tidak baik jika dilakukan terus-menerus. Bahkan bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Baca juga : Vivagoal Situs Berita Bola Terkini

Dampak Begadang Selama Piala Dunia 2014 setidaknya bisa dirasakan dengan terganggunya kebugaran pada tubuh. Hal ini tidak lain karena waktu istirahat yang dilakukan kurang dari waktu normal yang dibutuhkan tubuh manusia untuk beristirahat yaitu enam hingga delapan jam. Biasanya kekebalan tubuh akan berkurang sehingga tubuh akan lebih mudah terserang virus, bakteri maupun kuman penyebab penyakit. Dampak lainnya adalah dapat berpengaruh terhadap konsentrasi selama bekerja, daya ingat neburun, sering menguap dan lainnya. Bagi penderita diabetes juga harus menghindari begadang karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Begadang juga dapat meningkatkan risiko obesitas karena saat begadang menonton bola biasanya akan ditemani berbagai macam camilan dan minuman. Belum lagi jika berbagai makanan dan minuman yang dijadikan camilan tidak diperhatikan dampaknya bagi kesehatan.

Hindari Kafein

Saat menonton pertandingan sepak bola saat Piala Dunia seringkali orang mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, soft drink dan seterusnya. Mengonsumsi minuman berkafein memang membuat orang terjaga dan tidak merasakan kantuk. Sayangnya minuman ini sangat tidak bersahabat dengan kesehatan jika selalu dikonsumsi saat begadang. Minuman lainnya yang disukai saat begadang menonton bola adalah minuman dingin dengan soda, berkadar gula tinggi. Belum lagi makanan-makanan dengan kalori tinggi seperti keripik, gorengan dan seterusnya. Pada akhirnya berat badan bisa meningkat, kadar gula darah juga meningkat risiko obesitas dan diabetes juga meningkat. Belum lagi dengan risiko serangan jantuang karena saat kurang tidur, detak jantung semakin meningkat.

Solusi paling baik agar badan tetap bugar pada pagi hari dan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat dampak buruk begadang maka sebaiknya diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi. Kemudian saat menonton bola sebaiknya hindari kopi namun bisa diganti dengan air putih, infused water, air jahe, dan lainnya. Untuk makanan camilan bisa menggunakan buah-buahan atau kacang rebus yang justru baik untuk kesehatan jantung. Jangan lupa untuk berolaharaga dan mengatur waktu tidur lebih awal atau memilih pertandingan yang akan ditonton.

Semoga informasi mengenai Dampak Begadang Selama Piala Dunia 2014 bisa membuat Anda lebih tenang saat menikmati timnas favorit selama bertanding.