Dampak Berbahaya Dari Penyakit Batuk dan Pilek

Beranda Sehat.Com – Sebenarnya penyakit batuk dan pilek atau flu ini di sebabkan oleh virus yang sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar mampu memberantasnya. Mungkin disaat flu datang, kita sering membeli obat untuk menyembuhkannya, entah itu berasal dari dokter atau toko, tetapi obat yang ada umumnya hanya sanggup untuk meringankan gejala penyakitnya dan tidak menyembuhkan secara total.

Adapun gejala-gejala dari penyakit yang dimaksud adalah, batuk , hidung berair, pusing, demam, nyeri otot, dan sebagainya. Oleh karena itu, langkah terbaik yang harus di lakukan adalah dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi. Karena dengan cara seperti itu dapat membantu tubuh memproduksi zat anti sendiri yang sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi penyakit tersebut.

Itu adalah cara apabila yang terkena adalah orang yang sudah dapat melakukannya sendiri. Akan tetapi bagaimana dengan bayi yang tidak dapat mengendalikan gerakannya antara otak dan anggota tubuhnya sendiri ? Seperti yang telah di katakan sebelumnya bahwa penyakit flu dapat menurunkan daya tahan tubuh khususnya untuk bayi dan anak yang gizinya kurang terpenuhi. Dengan demikian akan memudahkan bakteri yang ada di luar dan dalam tubuh bayi atau anak tersebut masuk dan menyerang organ tubuh bagian dalam. Dan serangan itulah yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada bayi dan anak.

Bakteri yang masuk kedalam tubuh dan mengikuti aliran darah dapat berhenti dimana saja dan mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh. Seperti contoh : apabila bakteri tersebut berhenti di tenggorokan akan menyebabkan faringitis yang apabila tidak segera diobati secara total akan dapat merambat ke jantung dan mengakibatkan jantung rematik, berhenti di telinga akan mengakibatkan congek ( otitis media ). Dan yang paling parah yaitu bila bakteri tersebut dapat menembus ke paru-paru dan menyebabkan radang paru-paru atau pneumonia. Pneumonia itulah yang sering menjadi penyebab kematian pada bayi atau anak tersebut. Para ahli di bidang kesehatan menamakan penyakit ini sebagai ISPA yaitu Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Selanjutnya Baca juga : Cara Membedakan Batuk Pilek dan Pneumonia Pada Anak