5 Kondisi yang Akan Dialami Saat Tubuh Kekurangan Zinc

Dari sekian banyak jenis senyawa yang didapatkan dari produk makanan yang dikonsumsi sehari-hari, mungkin sebagian diantara Anda tidak begitu asing dengan senyawa zinc bukan, salah satu senyawa penting yang juga harus dipenuhi kebutuhannya. Nutrisi yang satu ini memiliki banyak sekali fungsi, mulai dari pembentukan protein dan juga DNA, hingga hal-hal lainnya yang berhubungan dengan genetik. Sehingga tak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja. Melainkan sejak dalam kandungan atau masih berbentuk janin sangat memerlukannya.

dampak kekurangan zinc

Lalu apa yang akan terjadi jika seandainya tubuh kekurangan zinc ini? berikut diantaranya yang patut Anda ketahui dampak ketika tubuh kekurangan asupan senyawa zinc, yaitu:

  1. Diare, diare merupakan penyakit yang mudah menyerang siapa saja, termasuk diantaranya anak-anak. Ketika tubuh kekurangan zinc maka akan kesulitan dalam melawan virus atau bakteri di dalam pencernaan untuk mencegah diare, sehingga pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare ini harus diketahui.
  2. Alergi, dalam kondisi stress bisa menyebabkan sistem imuns di dalam tubuh manusia menjadi sangat lemah, sehingga menyebabkan mereka kekurangan beberapa senyawa penting dalam tubuh, termasuk diantaranya adalah kalsium, magnesium dan juga zinc. Sehingga membuat tubuh kian mudah mengalami gejala alergi.
  3. Fungsi neurologis menjadi lemah, pada bayi kekurangan senyawa zinc ini nantinya akan memicu gangguan motorik dan juga kurang fokus, hal tersebut nantinya akan berlangsung sampai menginjak usia dewasa.
  4. Kekebalan tubuh menjadi lebih lemah, zinc memang memiliki peran penting dalam sistem imuns tubuh manusia, ketika kebutuhannya tidak tercukupi, maka kekebalan tubuh nantinya akan berangsur-angsur melemah. Menyebabkan tubuh semakin mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit, khususnya adalah penyakit-penyakit ringan.
  5. Rambut rontok, alopecia juga bisa menyerang siapa saja yang kekurangan senyawa zinc di dalam tubuhnya, sehingga lama kelamaan rambut akan semakin menipis.

Jadi pastikan cukupi asupan senyawa zinc di dalam tubuh Anda, bisa didapatkan dari sumber makanan yang dikonsumsi sehari-hari ataupun suplemen siap pakai yang dijual di pasaran, dapatkan produknya di https://www.goapotik.com/

5/5(1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *