Diet Golongan Darah A Efektif Turunkan Berat Badan Anda

Diet Golongan Darah A

Anda pernah mendengar tentang Diet Golongan Darah A, O, B dan AB? Sekedar tambahan informasi buat Anda bahwa diet golongan darah pertama kali ditemukan dan diperkenalkan oleh  Dr. Peter D’Adamo, yang pernah menulis buku yang menjadi best seller berjudul “Eat Right For Your Type”.

Menurut penemu diet golongan darah ini bahwa reaksi kimia terjadi antara darah dan makanan yang kita komsumsi sehari-hari, dimana reaksi ini merupakan bagian dari bawaan genetis manusia, reksi ini terjadi karena faktor lektin. Lektin dan berbagai jenis protein yang terdapat dalam makanan memiliki sifat aglutinasi yang berpengaruh terhadap darah. Nah, ketika Anda kita mengkomsumsi makanan yang mengandung lektin protein yang kebetulan tidka cocok dengan tipe antigen darah kita, maka laktin akan mulai mengaglutinasi sel-sel darah dan ini akan menyebabkan berbagai masalah dan gangguan kesehatan, dan inilah sebenarnya konsep diet golongan darah yang banyak di kenal saat ini. Baca juga : Beberapa istilah dalam peredaran darah.

Diet Golongan Darah A

Agar tidak ngelantur, pada bahasan kita kali ini fokus pada cara diet golongan darah A, yang meliputi pengenalan sifat dan karakteristik golongan darah A sekaligus menu diet untuk golongan darah A, simak lebih lanjut ya!

Mengenal Karakteristik Golongan Darah A

Meminjam istilah dari Dr Peter bahwa golongan darah A disebut sebagai Cultivator (bercocok tanah, penggarap tanah), golongan darah A dikenal dan berkembang pada era pertanian, yaitu sekitar 20.000 tahun yang lalu. Diet Golongan darah A menekankan kepada individu yang sedang menjalani jenis diet ini agar menghindari asupan daging merah, dan memperbanyak makan sayuran, jadi jenis diet ini lebih condong ke diet ala vegetarian.

Orang dengan tipe golongan darah A memiliki karakteristik yakni sangat kreatif, sangat sensatif, dan sebagai pemecah masalah yang sangat baik. Dan tipe olahraga yang cocok untuk pemilik golongan darah A adalah olahraga santai yang berdurasi 30 menit seperti yoga, olahraga outdoor, tai chi, berjalan, mengapa? karena pemiliki golongan darah A bisanya kurang aktif berolahraga.

Menu Diet Golongan Darah A

Sebelum kita masuk ke menu diet golongan darah A, perlu diketahui bahwa cara diet golongan darah ini memiliki manfaat meningkatkan kesehatan secara umum, dan poin pentingnya sangat tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, bukan cara instan.

Konsep diet golongan darah A adalah rendah lemak dan tinggi karbohidrat, berikut ini adalah menu diet untuk menurunkan berat badan bagi pemilik golongan dara A

  • Makanan Utama (makanan yang memiliki efek diet yang baik) : kacang tanah, bayam, kacang/susu kedelai, kacang buncis, ikan mas, tahu, ikan sardines, tempe, tepung beras, bluberi, brokoli, wortel,siput, jus mangga, nanas, pisang, jeruk limau, sitrum, dan minyak zaitun.
  • Makanan Lainnya ( meningkatkan kesehatan secara umum untuk golongan darah A) : telur puyuh, ikan tuna, labu, biji wijen, talas, mentimun, bawang merah, anggur, blewah, pir, melon, kiwi, kurma, delima, kesemek, srowberi, jambu biji, daging (burung unta, ayam, belibis kalkun, burung dara), telur bebek dan telur ayam, biji bunga matahari, kacang ercis/kapri, roti gandum, tapioka dan jagung.
  • Makanan yang harus dihindari : daging ( angsa, keoinci, sapi, kerbau, ayam hutan, bebek, domba), belut, lobster, keju, kodok, es krim, susu murni, kelapa/santan, melon madu, pisang raja, acar, pepaya, tomat, terong, gurita, ubi, kepiting, kentang, udang, jeruk, cumi-cumi, susu sapi, mentega, air soda dan pare.

Demikian petunjuk diet singkat dan cocok buat Anda pemilik golongan darah A yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, atau diet golongan darah A untuk meningkatkan kesehatan Anda. Semoga Anda selalu sehat dan bugar. artikel lainnya : Mengapa di Lakukan Tes Darah?

5/5 (1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This