5 Cara Mengurangi Gejala Asam Urat Paling Aman

Penyakit asam sebenarnya dapat dihilangkan dari aliran darah ke ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh Anda sebagai urin. Hal tersebut nampaknya jauh lebih baik daripada Anda harus selalu mengonsumsi obat-obatan kimia. Untuk itu berikut ini merupakan informasi mengenai cara mengurangi gejala asam urat yang dapat dengan mudah Anda lakukan.

Gejala asam urat

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Salah satu cara mengurangi gejala asam urat adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Anda sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap harinya. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari risiko dehidrasi sekaligus untuk menjaga agar urin Anda tetap encer. Bakal kristal asam urat dalam aliran darah Anda tidak akan dapat terbentuk apabila urin Anda encer. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi air putih dan rasakan manfaatnya.

Hindari Makanan Mengandung Purin

Jika Anda tidak bisa menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung purin, sebaiknya terlebih dahulu Anda mengurangi konsumsi makanan mengandung purin tersebut. Kadar purin tertinggi seringkali terdapat pada makanan yang lezat seperti jeroan hewan ternak yaitu hati, ginjal, otak. Selain itu kadar purin tinggi juga terdapat pada alkohol dan daging merah. Hati-hati juga terhadap beberapa sayuran yang juga mengandung kadar purin tinggi seperti asparagus, bayam, kembang kol, jamur serta kacang-kacangan.

Konsumsi Buah Cherry

Selain memiliki rasa yang lezat Anda juga dapat mengonsumsi buah cherry sebagai solusi untuk mengurangi gejala asam urat. Hal tersebut persis seperti apa yang telah disarankan oleh seorang penulis Pathology and Nutrition — A Guide for Professionals, Liliana Stadler Mitrea. Cherry memiliki kemampuan yang baik untuk menurunkan kadar asam urat. Bukti tersebut juga didukung oleh studi tahun 2013 yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition.

Konsumsi Cuka Apel Organik

Salah satu kemampuan cuka sari apel organik adalah untuk mengurangi gejala asam urat. Cuka sari apel organik diketahui banyak mengandung kalium yang tinggi, yang mana akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa pada tubuh penderita asam urat. Jika sistem pada tubuh Anda cenderung memiliki basa yang lebih, maka penumpukan asam urat tidak bisa terjadi pada tingkat yang sama seperti tubuh yang memiliki asam lebih kuat.

Konsumsi Vitamin C

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan mengonsumsi banyak vitamin C, maka Anda akan dapat mengurangi kadar asam urat pada tubuh Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi vitamin C 1000 mg ketika Anda mulai merasakan nyeri sendi akibat asam urat. Selain itu, sebaiknya Anda tetap rutin mengonsumsi vitamin C sekitar 500-3000 mg setiap harinya sebagai antisipasi atau upaya pencegahan terhadap penyakit asam urat.

Itulah cara mengurangi gejala asam urat yang dapat Anda baca. Cara mengurangi gejala asam urat di atas kiranya dapat bermanfaat bagi Anda baik untuk mengurangi rasa nyeri atau terapi penyembuhan asam urat di beberapa rumah sakit di Jakarta. Semoga berkenan.

5/5(1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Tags: