Kenali 5 Gejala Diabetes Pada Perempuan

BerandaSehat.Com – Gejala Diabetes Pada Perempuan memang tidak jauh berbeda dengan gejala diabetes yang dialami para pria. Apalagi penyakit kencing manis ini memang tidak melihat jenis kelamin ataupun usia. Baik pria maupun wanita berapapun usianya memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mengalami penyakit ini. Namun ada jenis diabetes yang hanya dialami saat perempuan sedang mengandung. Ada yang setelah mengandung, diabetes yang dialami juga berakhir namun ada pula yang masih berlanjut. Hal ini bisa dikarenakan bagaimana pola gaya hidup yang dilakukan.
Dan inilah beberapa Gejala Diabetes Pada Perempuan yang mungkin bisa dikenali sehingga lebih untuk mengatasinya, dan diantaranya :

  1. Mengalami perubahan berat badan secara drastis. Perubahan berat badan yang terjadi bisa berkurang atau justru bertambah secara drastis padahal tidak ada yang berbeda dengan frekuensi makan yang dilakukan atau sedang tidak melakukan diet atau pengaturan makan untuk menambah atau mengurangi berat badan. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka ada baiknya untuk waspada. Bisa jadi ini gerbang yang terbuka untuk menuju penyakit kencing manis. Pada bebera kasus wanita yang mengalami penyakit diabetes, ada beberapa wanita yang tiba-tiba mengalami hilangnya keinginan makan sehingga berat badannya berkurang drastis. Tetapi ada pula yang justru selalu merasa lapar sehingga berat badannya pun meningkat.
  2. Selalu merasa kehausan padahal sudah banyak minum. Ketika kadar gula darah tidak terkontrol maka salah satu gejala yang ditimbulkan adalah rasa haus yang dirasakan. Jadi jika mendadak Anda merasa sangat haus padahal sudah lebih dari tiga liter atau lebih per harinya namun tetap saja merasa haus.
  3. Lebih mudah merasa lelah dan lemas. Hal ini sangat sering dialami para wanita yang mengalami diabetes. Rasa lemas dan mudah lelah ini diakibatkan tidak adanya suntikan gula yang menjadikannya energi untuk mendukung setiap aktifitas yang dilakukan.
  4. Buang air kecil dengan frekuensi tidak normal. Artinya Anda terlalu sering buang air kecil bahkan terlalu sering meskipun jumlah air yang dikonsumsi tidak terlalu banyak. Memang benar buang air kecil membantu mengeluarkan racun dalam tubuh namun adakalanya hal ini merupakan tanda kadar gula dalam tubuh dalam keadaan tidak seimbang.
  5. Jika memiliki luka, penyembuhannya sangat lama. Biasanya ketika orang terluka, luka tersebut akan mengering dan sembuh dengan sendirinya. Namun bagi penderita diabetes atau memiliki kadar gula yang tinggi dalam tubuh maka sekecil apapun luka tersebut membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

Ingat! Tanda-tanda tersebut hanyalah gejala awal dari penyakit diabetes. Setiap gejala fisik yang dialami, setidaknya tidak diabaikan. Untuk memastikan kebenaran dari setiap gejala yang dialami maka pemeriksaan gula darah melalui laboratorium merupakan pilihan tepat. Sehingga Gejala Diabetes Pada Perempuan yang dialami bisa dicegah atau ditunda perkembangannya karena diabetes merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian secara perlahan jika tidak segera diatasi.