Gizi Seimbang untuk Ibu Menyusui

Berandasehat.com – Gizi Seimbang untuk Ibu Menyusui perlu diperhatikan agar gizi antara ibu dan anak bisa terpenuhi. Saat mengandung, seorang ibu hamil harus memperhatikan gizi untuk dirinya sendiri dan anak yang dikandung. Hal ini diperlukan agar pertumbuhan anak juga tidak terganggu. Nah, saat menyusui pun seorang ibu juga tetap harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Karena seorang ibu tidak hanya memenuhi kebutuhan ASI untuk anak namun juga harus memenuhi kebutuhan gizi bayi itu sendiri. Baca juga Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini.

Bayi setiap saat akan menyusu atau mengisap ASI sesuai kebutuhannya. Dalam sehari produksi ASI berkisar 600 ml hingga 1000 ml. Banyaknya ASI yang diproduksi juga dipengaruhi oleh terpenuhi gizi yang diperlukan. Ibu menyusui biasanya akan cenderung cepat lapar. Karena makanan yang dikonsumsi juga untuk bayinya. Sejak masih mengandung jangan sampai ibu hamil kekurangan gizi. Karena hal tersebut akan berlanjut hingga masa menyusui. Untuk menutupi kekurangan gizi dari asupan makanan, tidak jarang ibu hamil akan diminta untuk mengonsumsi suplemen tambahan.

Begitu pula saat menyusui. Jangan sampai saat menyusui, ibu kekurangan gizi. Kekurangan gizi yang dialami oleh ibu menyusui akan menyebabkan terganggunya perkembangan otak, kesehatan, kecerdasan, daya tahan tubuh dan gangguan lainnya yang bisa dialami bayi tersebut. Jangan sampai bayi mengalami kekurangan gizi sejak dalam kandungan maupun setelah lahir hingga usia 2 tahun. Karena kekurangan gizi yang dialami akan berdampak pada perkembangannya. Tidak jarang pertumbuhannya juga terhambat. Misalnya berat badan atau tinggi badan yang kurang bahkan ada pula yang berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan.

Berapa kebutuhan gizi yang diperlukan ibu menyusui?

Pada dasarnya angka kebutuhan gizi ibu menyusui akan berubah sesuai kebutuhan. Hal ini tidak lain karena bertambahnya usia bayi maka bertambah pula berat badan dan kebutuhan gizinya. Karena makanan yang diperlukan masih bergantung pada ASI maka itulah sebabnya ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan gizi tiap harinya.

Pada enam bulan pertama kebutuhan gizi yang diperlukan bisa mencapai 67 gram per hari dan 2400 kkal. Jumlah tersebut akan meningkat pada enam bulan kedua yang bisa mencapai 2450 kkal dan 67 gram per harinya. Kebutuhan lemak, vitamin, protein, karbohidrat dan zat gizi lainnya juga bertambah.

Jadi jangan heran jika ibu menyusui selalu disarankan untuk banyak makan. Pola makan juga perlu diperhatikan. Karena sangat penting terpenuhinya Gizi Seimbang untuk Ibu Menyusui sehingga akan berpengaruh pada perkembangan bayi secara keseluruhan. Baca juga Hal yang Perlu Diperhatikan Selama Menyusui.

Leave a Comment