Hal yang Perlu Dihindari saat Hamil

BerandaSehat.com – Hal yang Perlu Dihindari saat Hamil sebaiknya memang perlu diketahui sehingga kesehatan ibu dan janin yang tengah dikandung pun tetap terjaga. Apalagi jika kehamilan tersebut sudah ditunggu-tunggu sejak lama sehingga memang harus benar-benar dijaga dan diperhatikan. Tentu saja pemberian nutrisi yang diperlukan ibu dan janin perlu diutamakan. Namun ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan misalnya terkait dengan aktifitas yang dilakukan maupun hal-hal lain yang perlu dihindari agar tidak membahayakan kandungan.

Mengutip dari health.detik.com berikut ini ada beberapa Hal yang Perlu Dihindari saat Hamil yaitu :

Berolahraga terlalu berat. Olahraga tetap perlu dilakukan oleh para ibu hamil. Hal ini dilakukan unuk menjaga keseimbangan atau tekanan pada bagian perut maupun punggung secara alami. Namun olahraga yang dilakukan tentu saja bukan olahraga berat dan ekstrim. Karena jika dilakukan justru bisa membahayakan kesehatan janin. Ada baiknya mengikuti senam kehamilan atau konsultasi khusus dengan dokter kandungan.

Hindari kontak langsung dengan produk pembersih rumah tangga yang berbahan kimia. Membersihkan rumah menggunakan cairan pembersih kamar mandi, lantai dan sebagainya memang merupakan hal wajar. Namun bagi ibu hamil sebaiknya dihindari. Untuk membersihkan kamar mandi menggunakan alat pembersih kimia bisa meminta bantuan suami, keluarga atau orang lain. Hanya untuk mengantisipasi dampak terhadap perkembangan janin dari bahan kimia yang berasal dari cairan pembersih tersebut.

Jauhi minuman beralkohol dan rokok. Minuman beralkohol dan rokok bagi orang yang tidak hamil pun disarankan untuk dijauhi. Apalagi bagi ibu hamil sudah tentu harus dijauhi.

Sebaiknya tidak asal mengonsumsi obat dalam jenis apapun. Saat tidak enak badan misalnya demam atau nyeri kepala dan lainnya seringkali dengan mudah mengonsumsi obat pereda nyeri misalnya aspirin atau parasetamol. Namun saat tengah hamil jangan asal mengonsumsi obat. Jika memang pusing atau sakit apapun termasuk flu segera bawa ke dokter kandungan sehingga bisa diberikan obat yang memang tepat dan tidak membahayakan kandungan.

Sebaiknya tidak terlalu lama berendam di air hangat. Mandi air hangat memang menyenangkan begitu pula bagi ibu hamil. Namun sebaiknya tidak berendam terlalu lama karena bisa mempengaruhi kesehatan janin apalagi jika suhu air terlalu panas.

Ingat beberapa hal tersebut hanyalah informasi yang perlu diketahui. Namun jika ingin kepastian yang benar-benar aman bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan. Jangan hanya mengacu terhadap informasi mengenai Hal yang Perlu Dihindari saat Hamil itu saja tetapi harus dengan sepengetahuan dokter yang memeriksa kandungan Anda secara rutin. baca juga : Madu Subur MAX, Penyubur Reaksi Cepat

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?