Handuk Merupakan Sumber Kuman dan Bakteri

Handuk Merupakan Sumber Kuman dan Bakteri apakah informasi tersebut mengagetkan Anda? semoga tidak karena memang demikian adanya. Handuk biasa digunakan ketika mengeringkan air setelah mandi. Ada pula handuk yang digunakan khusus untuk mengelap keringat. Nah, hal tersebut sudah pasti membuat handuk menjadi salah satu sarang yang paling menggiurkan bagi kuman, bakteri maupun virus penyakit.

Tempat lembab merupakan area dimana bakteri, kuman dan virus mudah sekali tumbuh berkembang. Seperti yang dikutip merdeka.com dari dailymail.co.uk menyebutkan bahwasanya handuk merupakan benda dimana kuman, bakteri dan virus berkembang biak selain lap dapur. Informasi ini diperkuat dengan pendapat Head of Biological and Biomedical Sciences di Aston University, Profesor Anthony Hilton.

Anthony Hilton berpendapat ketika seseorang mengeringkan tubuh menggunakan handuk maka secara otomatis bakteri dan kulit mati yang berada pada tubuh juga ikut terangkat. Alhasil bakteri tersebut akan tumbuh subur ketika berada pada handuk karena lembab. Apalagi handuk biasanya dibuat dari bahan yang sangat mudah menyerap cairan. Alhasil pertumbuhan kuman maupun bakteri jadi lebih mudah.

Lalu apa yang perlu dilakukan? meskipun Handuk Merupakan Sumber Kuman dan Bakteri tentu saja jangan sampai membuat panik. Selama handuk dirawat dengan rutin maka kekahawatiran akan terkena penyakit tertentu pun tidak perlu dikhawatirkan. Anthony menyarankan agar handuk dibiasakan untuk dicuci rutin setidaknya sekali dalam seminggu. Tidak hanya itu saja, saat proses pencucian handuk ada baiknya dipisahkan dengan pakaian lain. Hal ini perlu dilakukan agar bakteri dari pakaian ikut terserap dalam handuk.

Agar kuman maupun bakteri serta virus pada handuk mati, Anthony juga menyarankan agar handuk dicuci dengan air yang memiliki ssuhu tinggi. Mungkin bisa dipahami dicuci dengan air hangat atau panas. Penggunaan sabun cuci atau pemutih juga disarankan agar proses pencucian lebih maksimal.

Bagaimana? Jadi jangan ragu untuk rutin mengganti handuk Anda dan keluarga agar kesehatan seluruh keluarga pun terjamin. Jika handuk sudah terlihat kurang layak karena tumbuh jamur maka segera saja ganti dengan handuk baru. Apalagi setelah mengetahui informasi mengenai Handuk Merupakan Sumber Kuman dan Bakteri.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?