Daya Tahan Tubuh Anak Menurun dan Gampang Sakit? Ternyata ini Penyebabnya

Si kecil sering sakit dan daya tahan tubuhnya menurun? Ternyata beberapa hal berikut ini bisa menjadi penyebabnya

Tahukah Anda bahwa sistem kekebalan tubuh/daya tahan tubuh anak layaknya sebagai garda pertahanan terdepan yang memiliki peran teramat penting untuk menghalau berbagai jenis infeksi virus maupun bakteri. Idealnya jika sistem kekebalan tubuh anak adekuat, maka anakpun tidak akan mudah jatuh sakit, demikian pula sebaliknya. Mengapa daya tahan tubuh anak menurun? Ternyata beberapa faktor berikut ini yang menjadi penyebabnya.

Daya tahan Tubuh Anakku

Baca Juga: Pentingkah Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral?

Kurang Asupan Nutrisi

Kekurangan nutrisi tidak hanya menghambat pertumbuhan anak secara keseluruhan, juga bisa melemahkan daya tahan tubuh anak, sehingga si kecil sangat rentan jatuh sakit, karena saat kecukupan kebutuhan nutrisi dalam tubuh si kecil tidak terpenuhi , tentu proses-proses alami dalam tubuh akan mengalami perlambatan, seperti metabolism, dan produktifitas sel-sel darah putih juga terhambat, akibatnya daya tahan tubuh si kecil akan menurun sehingga sangat rentan terinfeksi virus, bakteri maupun mikroorganisme lainnya.

Komsumsi Gula Terlalu Banyak

Balita atau anak-anak umumnya doyan dengan cemilan-cemilan manis seperti permen, es krim, dan cemilan-cemilan manis lainnya, benar bukan? entah kenapa cemilan seperti ini sangat menarik perhatian si kecil, namun sayangnya mengkomsumsi cemilan manis tidak baik untuk kesehatan si kecil, karena pada umumnya cemilan-cemilan manis menggunakan gula sukrosa dari hasil rafinasi (sudah dimurnikan) dan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya sudah hilang. Nah, menurut penelitian bahwa mengkomsumsi terlalu banyak sukrosa bisa menurunkan daya tahan tubuh anak, mengapa demikian? karena sukrosa mengurangi kemampuan sel darah putih (leukosit) dalam memerangi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Kurangnya Aktifitas Fisik

Perlu diketahui bahwa, meskipun kadar leukosit di dalam tubuh anak normal, kurangnya aktifitas fisik akan membuat si kecil rentan dengan masalah kesehatan, karena jarang berolahraga membuat sel-sel darah putih tidak mengalir lancar seluruh bagian tubuh, dengan demikian tentu kemampuan sel darah putih menghalau sumber-sumber infeksi di seluruh bagian tubuh juga akan lambat dan tidak terkonsentrasi dan berdampak pada mekanisme sistem imun yang tidak berjalan optimal.

baca juga:6 Kriteria Anak Yang Membutuhkan Suplemen Vitamin dan Mineral

Penggunaan Antibiotik Tidak Rasional

Dengan semakin mudahnya memperoleh obat jenis antibiotik yang sering dijual bebas, orangtua juga begitu mudah memberikan antibiotik pada anak saat sakit tanpa memeriksakan ke dokter terlebih dulu, menggunakan antibiotik secara asal bisa menyebabkan resistensi, dan antibiotik juga memelemahkan bakteri yang berperan memperkuat sistem imun tubuh anak.

Berada di Lingkungan Terlalu Bersih Setiap Saat

Ternyata menjaga dan memastikan si kecil berada di lingkungan bersih terus menerus tidak baik dan membuat daya tahannya menurun, lho kok bisa? Lingkungan yang bersih membuat anak tidak pernah terpapar dengan kuman, virus, atau bakteri. Kondisi inilah yang membuat sistem pertahanan tubuh anak menjaid tidak terlatih, sehingga lemah saat berhada[an terhada berbagai jenis agen pembawa penyakit, cukup masuk akal bukan?

Baca juga :Stimuno Untuk Balita, Suplemen Herbal Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Nah, sekarang tentunya sudah pada tahu kan, hal-hal apa saja yang bisa membuat daya tahan tubuh si kecil berkurang, sebagai orangtua ini menjadi penting agar supaya bisa memastikan si kecil sehat dan sistem imunnya menjadi powerfull sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Ingin menjaga daya tahan tubuh anak dengan suplemen vitamin tambahan? salah satu pilihannya adalah Sirup Stimuno untuk balita, terbuat dari bahan herbal meniran yang sudah terbukti aman dan mampu meningkatkan sistem imunitas si kecil, untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel review stimuno sebelumnya.

WhatsApp chat