Ini Dia 8 Kelainan Penglihatan Yang Perlu di Ketahui

kelainan penglihatanBeranda Sehat Mata merupakan organ yang vital bagi kita, yang mempunyai fungsi sebagai organ penglihatan kita, organ penghubung kita dengan dunia luar, dengan penglihatan yang sehat dan normal kita dapat mengenali dan melakukan interaksi dengan linkungan di sekitar kita.

Namun sebaliknya tidak semua orang-orang beruntung mempunyai mata yang sehat dan normal, banyak juga diantara mereka yang mengalami kelainan-kelainan visus ( penglihatan ), baik itu yang di bawa sejak lahir atau oleh karena penyakit tertentu.

Saat ini ada banyak kelainan dan gangguan penglihatan yang sering terjadi yang perlu juga kita ketahui, agar kita selalu bisa menjaga kesehatan mata kita.

Berikut ini ada 8 jenis kelainan penglihatan yang sering terjadi yang bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya :

Rabun Jauh ( Miopia )

Dalam keadaan ini, area suatu benda terfokus di depan bintik kuning retina. Benda yang dekat tampak jelas, tapi gambar yang jauh tampak kabur.

Rabun Dekat ( Hipermetropi )

Bayangan suatu benda terfokus di belakang retina. Benda yang jauh terlihat jelas, tetapi benda yang dekat terlihat kabur.

Rabun Tua ( Presbiopia )

Jika seseorang menjadi tua, sifat elastis atau kekenyalan lensa mata akan berkurang sedikit demi sedikit sehingga orang tersebut mengidap rabun dekat. Hal ini terjadi karena lensa tidak dapat mengembung untuk menyesuaikan penglihatan pada benda yang berjarak dekat. Keadaan ini disebut rabun tua.

Rabun Senja

Rabun senja disebabkan oleh kekurangan Vitamin A. Vitamin A dibutuhkan untuk menghasilkan pigmen rodopsin yang terdapat di dalam sel batang. Kekurangan Vitamin A memperlambat pemulihan rodopsin setelah pigmen tersebut di rombak pada saat terpapar cahaya. Penderita rabun senja mengalami kesukaran untuk menyesuaikan penglihatannya dari cahaya terang ke cahaya gelap.

Astigmatisma

Astigmatisma disebabkan oleh permukaan kornea atau lensa yang tidak rata. Penderita astigmatisma tidak dapat melihat dengan jelas. Semua benda terlihat kabur. Kacamata dengan lensa khusus dapat mengatasi astigmatisma.

Buta Warna

Buta warna adalah suatu keadaan yang menyebabkan penderita tidak bisa membedakan warna-warna utama yaitu merah, hijau dan ungu. Kelainan ini biasanya hanya di derita oleh laki-laki. Buta warna tidak bisa diobati. Keadaan ini biasanya merupakan warisan, tetapi penyakit retina atau pada saraf optik dapat menyebabkan keadaan ini.

Katarak

Katarak atau lensa mata yang berselaput adalah suatu penyakit yang melibatkan lensa mata. Pada penyakit ini, lensa menjadi buram sehingga sifat transparannya hilang. Akibatnya penderita menjadi buta. Pembedahan ( mengeluarkan lensa ) dan penggunaan kacamata khusus dapat mengembalikan penglihatan orang tersebut.

Glukoma

Glukoma disebabkan gangguan yang berkaitan dengan produksi dan penyerapan humor akueus. Jika penyerapan humor akueus ke dalam saluran Schlemm terhalang atau berlebihan, tekanan humor akueus di dalam bilik mata meningkat. Hal inilah yang menyebabkan glukoma.

Demikianlah sahabat beranda sehat, 8 macam kelaian penglihatan yang sering terjadi, semoga kita selalu memberikan perhatian lebih kepada organ penglihatan kita agar tetap sehat dan normal. baca juga : Kenali Kelainan Refraksi Sejak Dini Pada Anak