Ini Dia Kelainan pada Tulang Akibat Kebiasaan Buruk

BerandaSehat.com – Kelainan pada Tulang Akibat Kebiasaan Buruk perlu diketahui para orang tua sehingga bisa mencegah terjadinya kelainan pada perkembangan maupun pertumbuhan tubuh atau tulang buah hati mereka. Hal-hal baik memang perlu dibiasakan sejak dini terutama dalam menjaga kesehatan. Karena kebiasaan yang baik terutama dalam menjaga kesehatan tentu berdampak tidak hanya jangka pendek tetapi juga jangka panjang. Salah satu kebiasaan baik yang perlu diterapkan adalah kebiasaan duduk maupun jalan. Mengapa demikian? Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan tulang.

Tidak sedikit kebiasaan buruk seperti terlalu sering duduk tanpa sandaran kursi atau posisi badan yang kurang tepat saat duduk bisa menimbulkan kelainan pada tulang. Dan berikut ini beberapa Kelainan pada Tulang Akibat Kebiasaan Buruk yaitu :

– Lordosis. Kelainan tulang ini terjadi karena tulang belakang yang terlalu bengkok ke depan. Misalnya saja ketika duduk karena meja dan kursi tingginya tidak seimbang dengan tinggi badan. Dimana badan terlalu jauh dari meja. Sehingga kesulitan untuk menulis maupun membaca.

Kifosis. Kelainan tulang ini terjadi karena tulang belakang yang terlalu bengkok ke belakang. Selalu membungkuk saat menulis, membaca di meja yang terlalu rendah daripada kursi dimana badan terlalu dekat dengan meja. Kemudian terlalu sering berjalan membungkuk dengan beban yang terlalu berat untuk dibawa. Bisa juga disebabkan hal lainnya.

Skoliosis. Kelainan tulang ini terjadi karena tulang belakang yang bengkok ke samping. Misalnya saja terlalu sering duduk dengan posisi menyamping atau serong.

Memperhatikan posisi saat duduk di kursi dengan sandaran atau tidak, memperhatikan posisi di depan netbook atau notebook yang benar, serta berjalan dengan posisi yang tegak sebaiknya juga diperhatikan. Adakalanya kita tidak terlalu memperhatikan berbagai kebiasaan yang dilakukan. Padahal hal tersebut bisa saja menyebabkan kelainan pada tulang. Apalagi jika usia masih sangat muda atau masih anak-anak. Dimana tulang masih mengalami pertumbuhan. Perlu selalu diingatkan untuk memperhatikan posisi ketika berada di dalam kelas saat mereka sedang sekolah. Perlu juga kiranya mengetahui bagaimana kondisia tempat duduk. Dan tidak ada salahnya memberikan penjelasan mengetani Kelainan pada Tulang Akibat Kebiasaan Buruk pada anak-anak sehingga dengan kesadaran sendiri bisa menghindari berbagai kebiasaan buruk tersebut.