Ini Dia Makanan yang Cocok Saat Musim Hujan

Berandasehat.com – Makanan yang Cocok Saat Musim Hujan erat kaitannya dengan upaya untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Pasalnya saat musim penghujan, udara yang lembab dan dingin serta basah cenderung sangat disukai bakteri maupun virus penyebab penyakit. Sebut saja flu, diare, atau gatal-gatal. Belum lagi kehujanan juga sewaktu-waktu bisa dialami. Sehingga tubuh perlu asupan vitamin dan pemenuhan zat gizi lainnya seperti prebiotik, serat, selenium, asam amino maupun seng. Konsumsi makanan maupun minuman yang tepat akan membantu pemenuhan zat gizi tersebut sehingga tidak mudah sakit saat musim hujan tiba.

Makanan Saat Musim Hujan

Berikut ini beberapa jenis Makanan yang Cocok Saat Musim Hujan sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit, antara lain :

1. Oat. Makanan satu ini memiliki kandungan serat khusus yang berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba yang mampu melindungi kerusakan sel karena ketidakstabilan molekul atau mikroorganisme. Serat ini sering dikenal dengan sebutan beta-glucan. Anda bisa memasukkannya dalam menu sarapan.

2. Yoghurt. Makanan ini mengandung bakteri sehat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan menjauhkan saluran pencernaan dari bakteri dan kuman penyebab penyakit. Bisa dimasukkan saat sarapan, makan siang atau malam. Atau mungkin saat ingin camilan.

3. Sup Ayam. Anda sedang merasa demam, flu, hidung meler atau tersumbat? Konsumsi sup ayam hangat adalah pilihan tepat. Mengonsumsi sup ayam membantu mengatasi hidung tersumbat dan lendir layaknya khasiat obat batuk. Apalagi sup mengandung bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang mampu melawan bakteri dan infeksi.

4. Teh. Baik teh hitam maupun hijau sama-sama sangat baik dikonsumsi saat musim penghujan. Keduanya sama-sama memiliki kandungan L-theanine atau asam amino yang mampu larut dalam air sehingga membantu membangun protein dan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebaiknya dikonsumsi tanpa tambahan gula atau susu.

5. Buah Berri. Macam-macam buah berri yang bisa dikonsumsi misalnya saja blackberry, blueberry, raspberry maupun strawberry. Semua jenis buah berry tersebut memiliki kandungan vitamin C dan anthocyanin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan penyakit.

Masih banyak jenis Makanan yang Cocok Saat Musim Hujan yang bisa dikonsumsi seperti ikan, daging sapi, ubi jalar, jamur maupun buah-buahan yang lain. Sebaiknya batasi makanan instan dan siap saji saat musim penghujan. Atau hindari hanya mengonsumsi makanan tertentu saja. Semakin beragam jenis makanan dan minuman sehat yang dikonsumsi maka semakin mudah tubuh terpenuhi gizinya. Sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dan lebih tahan dari serbuan penyebab penyakit bahkan saat musim hujan sekalipun. dan terakhir kami mengajak semua pihak untuk melalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sebagai langkah pencegahan terhadap kemungkinan penyakit akibat lingkungan yang kotor,  contoh sederhananya penyakit yang di bawah oleh gigitan nyamuk, karena nyamuk sangat menyukai tempat yang kotor.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *