Ini Dia Manfaat Cuci Tangan dengan Benar

Seringkali banyak diingatkan untuk selalu mencuci tangan dengan benar. Baik melalui media elektronik seperti radio dan televisi, media cetak seperti koran dan majalah maupun melalui internet. Manfaat Cuci Tangan dikatakan mampu menghindarkan dari berbagai jenis penyebab penyakit. Berbagai jenis penyakit yang bisa dihindari dengan kebiasaan mencuci tangan diantaranya influenza, batuk, pilek, demam, diare, hepatitis A, bronkhitis, meningitis, dan lainnya. Mengutip dari meetdoctor.com dikatakan berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mencuci tangan dikatakan bisa menurunkan risiko mengalami diare hingga 31 persen.

Hanya saja, meskipun telah diinformasikan mengenai pentingnya mencuci tangan namun masih belum banyak orang yang membiasakan mencuci tangan. Mencuci tangan sebaiknya dilakukan setiap kali akan melakukan kontak atau setelah melakukan kontak yang menggunakan tangan sebagai perantaranya. Sederhanya mencuci tangan sebaiknya dilakukan ketika :

1. sebelum, setelah menyiapkan atau mengonsumsi makanan

2. sebelum atau setelah berinteraksi atau merawat orang yang sedang sakit.

3. sebelum dan setelah buang air kecil atau besar di toilet atau aktifitas di toilet, bisa cuci tangan atau cuci muka dan sebagainya.

4. setelah mengganti popok atau celana bayi atau setelah membersihkan anak setelah buang air kecil atau besar.

5. setelah batuk, bersin, membersihkan ingus

6. setelah menyentuh, memberi makan atau membersihkan kotoran binatang peliharaan misalnya anjing, kucing, hamster, dan lainnya.

7. setelah membersihkan rumah, menyapu atau menyentuh sampah.

Tanpa disadari sebenarnya benda-benda di sekitar kita mengandung banyak bakteri. Misalnya saja di meja kerja, perangkat komputer seperti keyboard dan mouse komputer atau laptop merupakan benda yang paling banyak mengandung bakteri. Itulah sebabnya meja kerja terutama bagian komputer seperti mouse dna keyboard seringkali disarankan untuk dibersihkan. Belum lagi jika komputer tersebut merupakan komputer yang dipakai bersama-sama. Berarti telah terjadi interaksi kuman antara banyak orang tanpa disadari.

Agar benar-benar merasakan manfaat cuci tangan maka sebaiknya dilakukan dengan cara benar. Berikut ini cara benar mencuci tangan yang bisa diterapkan yaitu :

1. mencuci tangan dengan air yang mengalir, kemudian gunakan sabun cair secukupnya lalu gosok-gosok hingga berbusa.

2. pastikan menggosok kedua bagian punggung tangan, sela-sela jari, telapak tangan dan sela-sela jarinya.

3. gosok bagian telapak tangan dan bagian dalam jari yang dilakukan dengan cara posisi kedua telapak tangan seperti mengunci.

4. pada bagian ibu jari bagian kanan dibersihkan dengan cara mengenggamnya dengan tangan kiri lalu secara memutar digosok-gosok, begitu pula di bagian ibu jari sebelah kiri.

5. bagian ujung jari tangan kanan dan kiri pun juga harus digosok secara bergantian.

6. jangan lupakan juga untuk menggosok pergelangan tangan kanan maupun kiri

7. setelah itu bersihkan dengan air mengalir, dan keringkan dengan lap yang bersih atau tissue jika tidak yakin lap atau handuk yang tersedia benar-benar bersih

Cara tepat melakukan cuci tangan tersebut perlu dilakukan sehingga Anda bisa benar-benar merasakan Manfaat Cuci Tangan bagi kesehatan Anda dan keluarga.