Ini Dia Rahasia Sendi Sehat

Selama ini ketika melakukan olahraga seringkali hanya dihubungkan dengan upaya menurunkan maupun menjaga berat badan. Atau melalui olahraga bisa menjaga kesehatan karena membantu melancarkan peredaran darah. Namun jarang dibahas bahwasanya olahraga selain membantu menurunkan berat badan juga berpengaruh terhadap kesehatan sendi, membantu membuat sendi tetap kuat dan fleksibel. Karena pada dasarnya ketika seseorang memiliki berat badan berlebih maka hal tersebut juga bisa menekan dan akhirnya membuat sendi terasa nyeri karena tidak bisa menopang badan dengan baik. Dengan kata lain, berat badan ideal juga membantu sendi tidak terlalu bekerja keras untuk menopang badan.

Itulah mengapa untuk memiliki sendi sehat, tetap harus melakukan olahraga. Jangan hanya berfikir untuk menjaga berat badan saja tetapi juga kesehatan sendi. Setidaknya Anda melakukan hal berikut ini, antara lain :

1. Jika memiliki masalah pada persendian, sebelum olahraga pastikan untuk melakukan pemanasan ringan sehingga sendi tidak terlalu kaget. Pemanasan bisa dilakukan agar tubuh lebih siap melakukan olahraga. Jangan sampai saat melakukan olahraga, ada bagian sendi yang terasa sakit karena gerakan yang dilakukan.

2. Sebaiknya memilih olahraga yang memang Anda sukai. Hati yang senang dan niat melakukan tentu akan memberikan hasil yang lebih baik. Anda bisa memilih jogging, berenang, basket, futsal, tenis, dan sebagainya.

3. Latihan beban juga bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan. Melalui latihan beban akan membantu memperkuat otot yang mendukung persendian. Latihan beban bisa dilakukan di tempat khusus atau bisa dilakukan di rumah. Latihan bisa dilakukan dengan mengangkat barbel atau botol berisi air sebanyak 1 liter. Lakukan secara bertahap, tidak perlu langsung dalam waktu yang lama. Agar hasil lebih maksimal tidak ada salahnya menggunakan instruktur latihan sehingga bisa membuat semacam program penguatan otot yang paling tepat untuk Anda.

4. Jangan lupa untuk mengetahui tanda-tanda tubuh Anda. Olahraga apapun memang baik, jika jarang melakukan mungkin di awal latihan akan membuat badan terasa sakit. Namun biasanya hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Tetapi jika kemudian rasa sakit yang terasa berlangsung lebih lama dari biasa bahkan sampai menganggu aktifitas maka kurangi porsi latihan atau berhenti terlebih dahulu, istirahat sampai badan siap melakukan olahraga kembali. Jika sakit tetap dirasakan, tentu saja harus dibawa ke dokter agar diketahui penyebabnya dan memperoleh penanganan paling tepat.

Nah, mudah bukan cara untuk menjaga kesehatan sendi kita? Hanya perlu menjaga berat badan dan tentu saja melakukan olahraga secara teratur, misalnya seminggu 2 sampai 3 kali atau minimal sekali seminggu.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •