Ini Lho Makanan yang Tepat Dikonsumsi saat Sakit

BerandaSehat.com – Makanan yang Tepat Dikonsumsi saat Sakit adakalanya diabaikan karena dianggap tidak terlalu berperan. Padahal makanan yang tepat diperlukan bagi seseorang yang sedang mengalami sakit tertentu. Makanan yang tepat akan membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit. Makanan yang kurang tepat adakalanya justru memperparah penyakit yang sedang dialami. Itulah mengapa perlu kiranya mengetahui jenis-jenis makanan yang tepat dikonsumsi pada saat mengalami penyakit tertentu. Setiap penyakit memerlukan pengobatan yang berbeda. Begitu pula jenis-jenis makanan yang bisa membantu cepatnya proses pemulihan.

Berikut ini beberapa jenis Makanan yang Tepat Dikonsumsi saat Sakit sesuai jenis penyakit yang tengah diderita, antara lain :

Air putih dan kopi untuk mengatasi sakit kepala. Pemicu utama seseorang mengalami sakit kepala sebagian besar karena dehidrasi. Jika sedang mengalami sakit kepala bisa dicoba dengan minum air putih secukupnya. Kemudian tunggu apakah bisa meredakan sakit yang dialami atau tidak. Bisa juga mengonsumsi secangkir kopi atau teh. Namun perlu diingat perlu segera diimbangi untuk minum air putih sehingga bisa terhindar dari dehidrasi. Saat dehidrasi justru bisa memperparah sakit kepala yang dialami. Saat sakit kepala menyerang sebaiknya hindari berbagai jenis makanan maupun minuman yang mengandung MSG, pemanis buatan, hot dog dan sebagainya.

Teh hangat untuk atasi pilek. Pilek merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menganggu aktifitas. Hidung meler, tersumbat sehingga sulit untuk melakukan aktifitas apapun. Ada baiknya untuk minum teh hangat. Meskipun minuman tersebut tidak akan menghambat cairan atau meler namun bisa membantu membuat badan lebih nyaman. Agar lebih maksimal dan mampu mengurangi pilek, tambahkan dengan jahe. Kandungan antiperadangan pada jahe dan antioksidan pada teh maupun jahe bisa mempercepat penyembuhan pilek.

Makanan yang mengandung magnesium dan kalsium untuk mengatasi sakit pada badan. Sakit pada badan bisa dalam bentuk nyeri pada sendi, nyeri pada otot dan sebagainya. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan magnesium seperti sayuran hijau, kacang-kacang dan alpukat serta makanan dengan kandungan tinggi kalsium seperti jus jeruk, yogurt, dan lainnya bisa membantu meringankan sakit yang dialami. Hindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein karena justru semakin menambah nyeri pada otot.

Ingat beberapa jenis Makanan yang Tepat Dikonsumsi saat Sakit maupun minuman tersebut tidak serta merta menyembuhkan penyakit yang dialami namun bisa mendukung proses penyembuhan sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *