Ini Lho Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan

Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan mungkin tidak semua orang menyadarinya. Bahkan mungkin disepelekan bahkan dianggap sebagai tindakan kekanak-kanakan. Tidak sedikit orang yang enggan bahkan malu melakukannya kepada orang yang disayanginya. Bisa orang tua, kekasih, adik, kakak, sahabat, teman dekat, dan sebagainya. Mengutip dari MindBodyGreen dikatakan bahwasanya pelukan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan dikatakan pula bahwasanya setiap orang setidaknya dalam sehari memerlukan hingga delapan kali pelukan. Benarkah demikian? Apa yang membuat pelukan begitu istimewa?

Berikut ini beberapa Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan yang perlu diketahui, antara lain :

– Mampu memberikan perasaan aman dan nyaman. Setiap orang berapapun usianya memerlukan rasa aman. Nah, pelukan mampu memberikan perasaan aman dan nyaman terhadap orang lain.

– Mampu meningkatkan kinerja hormon oksitosin dan serotonin. Kedua hormon tersebut memberikan perasaaan tenang dan bahagia. Selain itu juga mampu menjauhkan dari perasaan kesepian yang melanda.

– Mampu meningkatkan perasaan percaya diri. Orang yang terbiasa menerima pelukan dari orang-orang terdekat di lingkungan keluarga biasanya memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini dikarenakan karena mereka terbiasa merasakan perasaan dihargai maupun dicintai keluarganya.

– Mampu memberikan perasaan rileks. Ketika orang yang sedang merasa stress, tegang, marah kemudian dipeluk ternyata mampu melemaskan otot-otot yang tegang. Perasaan jauh lebih rileks dan aliran darah mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh.

– Mampu meningkatkan hubungan dengan pasangan. Pelukan akan membantu meningkatkan hubungan emosi maupun spiritual dengan pasangan. Sangat baik bagi pasangan suami istri untuk saling memeluk dalam keseharian begitu pula terhadap anak-anak mereka.

– Melakukan pelukan layaknya melakukan meditasi. Meditasi pada dasarnya dilakukan untuk melepaskan segala beban maupun masalah yang dihadapi seseorang. Sehingga permasalahan yang dihadapi bisa lebih mengalir dan tidak memberikan ketegangan. Inilah yang bisa diperoleh dengan melakukan pelukan bersama orang yang disayang atau dipercaya.

Melalui pelukan seseorang juga bisa merasakan empati dari teman, sahabat atau pasangan. Selain itu juga mampu melepaskan ketegangan yang terjadi pada orang yang sedang berselisih. Misalnya yang terjadi pada pasangan suami istri, sahabat, atau kekasih. Nah, dengan adanya beberapa Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan tentu Anda tidak perlu ragu, enggan atau malu melakukannya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *