Kapan Waktu Paling Tepat Mengonsumsi Vitamin?

Vitamin

Kapan Waktu Paling Tepat Mengonsumsi Vitamin? Ada baiknya diketahui. Apalagi saat ini gempuran iklan mengenai pentingnya konsumsi vitamin begitu gencar di media. Namun seberapa penting konsumsi vitamin diperlukan tubuh sepertinya belum banyak orang yang mempertimbangkannya. Orang cenderung menganggap mengonsumsi vitamin khususnya vitamin C memang diperlukan tubuh sehari-hari. Jadi hanya perlu mengikuti aturan pakai yang tercantum pada kemasan vitamin tersebut maka  dianggap sudah aman. Benarkah demikian? baca juga : Stimuno Untuk Balita, Suplemen Herbal Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Waktu Paling Tepat Mengonsumsi Vitamin

Mengutip dari meetdoctor.com sebenarnya ada aturan untuk mengonsumsi vitamin. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu apa sebenarnya fungsi dari konsumsi vitamin. Pada dasarnya konsumsi vitamin diperlukan untuk mencegah tubuh kekurangan vitamin. Biasanya tubuh kekurangan vitamin karena konsumsi makan yang tidak cukup kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Konsumsi vitamin diperlukan juga untuk memberikan keseimbangan antara keluarnya energi dengan asupan makanan pada orang yang sedang sakit atau ketika orang tersebut melakukan lebih banyak aktifitas fisik dari hari biasa.

Itulah sebabnya, vitamin sebenarnya tidak perlu dikonsumsi setiap hari. Cukup dikonsumsi ketika tubuh memerlukannya. Yaitu ketika banyak aktifitas yang dilakukan, sedang sakit atau ketika asupan gizi dari konsumsi makanan sehari-hari kurang.

Jika Anda ingin mengetahui sumber vitamin yang paling baik tentu saja dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Konsumsi vitamin bisa terpenuhi dari kecukupan makanan sehari-hari. Asalkan ketika mengonsumsi makan selama tiga kali sehari tersebut terdiri dari makanan pokok atau karbohidrat, protein hewani dan atau nabati, sayuran, dua porsi buah dan dua gelas susu. Untuk konsumsi susu bisa dilakukan pagi dan siang atau pagi dan malam atau sesuai keinginan Anda. Jika hal tersebut terpenuhi maka kebutuhan kalori, mineral maupun vitamin yang diperlukan tubuh Anda pun bisa terpenuhi.

Jika memang harus mengonsumsi suplemen vitamin, Kapan Waktu Paling Tepat Mengonsumsi Vitamin? Perlu diingat, ketika Anda memang harus mengonsumsi vitamin sebaiknya dilakukan setelah makan. Selain itu jangan mengonsumsi vitamin setelah minum susu. Kecuali vitamin C dan D karena keduanya ketika dikonsumsi bersama susu yang mengandung banyak kalsium justru akan meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh Anda.

Selain itu, jangan mengonsumsi vitamin setelah minum minuman yang mengandung kafein. Karena justru akan menghambat penyerapan vitamin apalagi jika mengonsumsi vitamin D. Begitu pula jika mengonsumsi vitamin yang mengandung zat besi. Jika dilakukan akan menganggu penyerapan zat besi sehingga bukan tidak mungkin menimbulkan anemia.

Perlu diingat pula, bahwasanya kebutuhan vitamin setiap orang berbeda-beda. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan, aktifitas yang dilakukan, asupan makanan dan sebagainya. Jika benar-benar ingin mengetahui vitamin apa yang diperlukan tubuh Anda, sebaiknya melakukan pemeriksaan yang akurat. Mulai dari pemeriksaan darah, rambut, air seni, dan sebagainya tergantung kebutuhan vitamin apa yang ingin diketahui.

Nah, melalui informasi tersebut semoga Anda lebih bijak jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin tertentu. Setidaknya ketahui tanda-tanda Anda sedang membutuhkan suplemen tertentu. Sehingga konsumsi suplemen vitamin tersebut benar-benar bermanfaat. Kapan Waktu Paling Tepat Mengonsumsi Vitamin? Setelah makan dan ketika tubuh benar-benar memerlukannya. Baca juga Pentingkah Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral?

Leave a Comment

WhatsApp chat