Kebiasaan Baik yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Kebiasaan Baik yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan tentu tidak semua orang bisa memperkirakannya. Kedua hal tersebut saling bertolak belakang. Kebiasaan baik tentu akan memberikan dampak baik tetapi mengapa bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Tentu ada alasannya. Selama ini kita disarankan untuk melakukan berbagai kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan. Misalnya rajin menjaga kebersihan, menjaga pola makan, olahraga dan lainnya. Nah, karena hal tersebut tidak sedikit yang melakukannya asal-asalan, bisa berlebihan atau justru seingatnya saja. Padahal kebiasaan baik tersebut akan berjalan efektif ketika dilakukan sesuai aturan dan tidak berlebihan.

Berikut ini beberapa Kebiasaan Baik yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan ketika dilakukan tidak sesuai aturan, yaitu :

1. Terlalu sering menggunakan cairan untuk membersihkan tangan. Kekhawatiran terkena kuman diimbangi dengan serbuan berbagai produk pembersih tangan atau hand sanitizer membuat banyak orang semacam latah menggunakannya. Kecuali jika berada di lingkungan yang banyak orang sakit seperti di rumah sakit, klinik dan sebagainya ada baiknya tidak dengan mudah menggunakan cairan tersebut. Pasalnya menurut Richard Gallo dari Universitas California, San Diego mengatakan terlalu sering menggunakan cairan yang memiliki kandungan triclosan justru dapat membuat  bakteri maupun virus kebal terhadap obat-obatan.

2. Selalu menyikat gigi setelah makan. Rajin menyikat gigi memang disarankan untuk mencegah gigi berlubang, bau mulut dan masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya. Namun sebaiknya setelah selesai makan jangan langsung menyikat gigi. Mengapa? Menurut Greg Diamond seorang dokter periodontist mengatakan makanan yang dikonsumsi meninggalkan asam dalam mulut yang membantu menghilangkan bakteri berbahaya dalam mulut. Sehingga jika langsung menyikat gigi maka asam tersebut akan hilang. Sehingga sebaiknya setelah makan cukup mencuci mulut dengan air saja. Jika ingin menyikat gigi sebaiknya diberi jeda.

3. Membersihkan Menggunakan Produk Disinfektan. Produk disinfektan memang selalu menjadi andalan untuk urusan bersih-bersih. Namun ternyata cairan tersebut dikatakan belum terbukti signifikan mampu membersihkan lebih optimal. Bahkan ada beberapa produk disinfektan yang justru memiliki kandungan berbahaya karena bisa menganggu hormon, kanker, dan lainnya.

4. Rajin mengonsumsi suplemen vitamin. Suplemen vitamin, mineral dan sebagainya saat ini telah menjadi semacam gaya hidup bagian sebagian orang. Gempuran iklan tentang pentingnya konsumsi vitamin membuat orang semacam latah dan tersugesti untuk menggunakannya tanpa mengetahui perlu tidaknya konsumsi suplemen tersebut. Padahal jika dikonsumsi secara berlebihan justru bisa menimbulkan masalah kesehatan. Misalnya saja konsumsi vitamin C berlebihan bisa menganggu sistem pencernaan, vitamin B6 bisa merusak syaraf ketika dikonsumsi berlebihan, dan sebagainya.

Semoga saja beberapa informasi mengenai Kebiasaan Baik yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan bisa membuat lebih bijak dalam upaya untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan seluruh keluarga.