Kenali 10 Nutrisi Terbaik Untuk Kehamilan Anda

Nutrisi Terbaik Saat Kehamilan

Nutrisi Terbaik Untuk Kehamilan

Kenali 10 Nutrisi Terbaik Untuk Kehamilan Anda – Saat Anda hamil, salah satu yang perlu di perhatikan adalah masalah makanan yang di komsumsi setiap hari, dengan kata lain harus lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih menu makanan, setuju? Ini tidak berarti Anda harus membatasi makanan baik jumlah maupun jenisnya. Tetapi makanan yang dikomsumsi oleh ibu hamil idealnya mengandung unsur-unsur nutrisi yang cukup yang dibutuhkan ibu dan janinnya, mengapa harus demikian? Dengan asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan akan membawa dampak dan pengaruh positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi juga ibunya. Dalam memilih kebutuhan nutrisi tentu usia kehamilan juga menjadi pertimbangan, karena semakin tua usia kehamilan Anda akan dibarengi dengan keubutuhan asupan nutrisi yang meningkat pula. Baca juga : Suplemen Madu Subur MAX, Herbal Penyubur Reaksi Cepat.

Menurut ahli dan pakar nutrisi bahwa komposisi yang sesuai itu unsur-unsurnya terdiri dari nasi, lauk-pauk, sayuran serta buah-buahan, dimana semua itu harus di komsumsi seimbang (dalam takaran yang cukup) sehingga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya mampu mengoptimalkan kehamilan serta tumbuh kembang janin di dalam rahim ibunya. Nah, untuk itu Anda perlu mengupgrade pengetahuan Anda seputar nutrisi terbaik yang dibutuhkan untuk kehamilan, setidaknya ada 10 nutrisi terbaik untuk kehamilan beserta sumber-sumbernya seperti di jabarkan berikut ini:

Baca Juga Artikel lainnya : PCOS Gangguan Hormonal Pada Wanita, Baca Yuk !

  1. Kandungan Vitamin B1 (Thiamin)
    Vitamin B1 atau thiamin memiliki manfaat dan bekerja untuk mengoptimalkan kerja system saraf pada wanita, termasuk pada wanita hamil. Sumber-sumbernya bisa ditemukan pada daging, telur, legung atau jenis kacang-kacangan.
  2. Kandungan Vitamin A (Retinol)
    Secara umum vitamin dan betakarotin sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang, gigi dan kesehatan mata. Dengan komsumsi vitamin A yang cukup saat hamil akan mengoptimalkan pertumbuhan tulang, gigi dan kesehatan mata janin. Sumber-sumbernya berasal dari telur, brokoli, bayam, labu, hati ayam termasuk sayuran kentang. baca juga : Rahasia Diet Sehat Saat Hamil
  3. Kandungan Vitamin B6 (Piridoksin)
    Vitamin B6 terang saja sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama di trimester pertama guna mengurangi keluhan mual muntah (morning sickness) yang lazim terjadi pada kehamilan muda. Vitamin B6 memiliki manfaat untuk mengurangi keluhan mual, muntah serta membantu dalam proses pembentukan sel darah merah (eritrosit) sehingga mencegah anemia pada kehamilan. Sumber vitamin B6 dapat ditemukan pada daging ayam, telur, ikan, wortel, kubis, brokoli, pisang serta kacang-kacangan.
  4. Asam Folat
    Folat atau asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan saat kehamilan, dimana folat mencegah keumngkinan cacat tulang belakang pada janin yang dapat di peroleh dari buah strobery, buah bit, jeruk, kacang-kacangan termasuk juga semua jenis sayuran yang berwarna hijau.
  5. Zat Besi
    Kebutuhan akan zat besi pada kehamilan tentu sudah tidak disangkal lagi, dimana zat besi dapat mencegah terjadinya kelahiran premature ( kelahiran sebelum waktu kurang dari 9 bulan), dan juga mampu mencegah anemia pda ibu hamil. Sumber makanan yang kaya akan zat besi diantaranya daging sapi dan jenis sayur-sayuran berwarna hijau.
  6. Protein
    Sumber protein dapat dijumpai pada daging, telur , dan ikan yang sangat dianjurkan untuk ada dalam menu makanan ibu hamil guna mengoptimalkan perbaikan sel tubuh yang rusak. Dengan mengomsumsi protein yang cukup akan mengoptimalkan pertumbuhan janin yang ada dalam perut ibunya. lihat juga : Marimas bikin adem, tidak bikin batuk
  7. Kalsium
    Kalsium memiliki peran signifikan untuk membantu kesehatan tulang, gigi pada janin dan ibunya. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda saat hamil dengan rajin mengomsumsi kalsium dari sumber-sumber yang bisa di peroleh dengan mudah dari ikan sarden, susu serta sayuran berdaun hijau.
  8. Vitamin C
    Vitamin C memiliki fungsi penting untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh termasuk pada ibu hamil, Vitamin C juga berperan untuk membantu dan memaksimalkan proses absorbsi zat besi. Sumber vitamin C bisa ditemui dalam buah paprika, brokoli, kentang serta buah stroberi.
  9. Vitamin E
    Pada fase kehamilan vitamin E befungsi dalam proses pembentukan sel-sel darah serta pembentukan jaringan otot janin, sumbernya bisa di peroleh melalui kacang-kacangan, minyak sayur serta daun bayam.
  10. Vitamin D
    Anda sudah pasti mengetahui fungsi vitamin D yang sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi melalu zat fosfor yang terkandung di dalamnya. Kandungan vitamin D bisa Anda peroleh dari sumber makanan seperti ikan dan susu yang akan mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi janin di dalam Rahim ibunya.

Dengan tercukupinya gizi dan nutrisi yang diperlukan saat kehamilan akan membuat ibu dan janinya sehat saat kehamilan dan kehamilan. Semoga artkle seputar sumber nutrisi terbaik yang dibutuhkan saat kehamilan akan menambah pengetahuan Anda. bagi Anda yang mengalami gangguan kesuburan, coba komsumsi madu untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This