Kenali 4 Ciri Akan Menopause

Kenali 4 Ciri Akan Menopause

Menopause sering juga disebut dengan masa kering atau klimakterik pada wanita, dimana pada masa ini wanita sudah kehilangan masa subur ( tidak bisa dibuahi dan hamil ), biasanya ditandai dengan tidak terjadinya menstruasi yang umumnya terjadi pada wanita yang masih subur.

Menopause biasanya akan terjadi antara usia 42 hingga 52 tahun, jaringan ovarium gagal secara berangsur-angsur untuk bereaksi terhadap stimulasi hormongonadotropin dari hipofisis anterior.

Jaringan ovarium berkurang dan produksi hormon-hormon oleh ovarium berhenti. Siklus menstruasi mula-mula berubah pola dan menstruasi terjadi dengan tidak teratur hingga akhirnya berakhir.

Jika kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam darah berkurang, jaringan tubuh berangsur-angsur mengalami perubahan dan bukti bahwa menopause akan terjadi.

Berikut ini ada 4 perubahan dan ciri akan terjadinya menopause pada wanita.

  • Perubahan jaringan tubuh-jaringan lemak dari satu bagian tubuh dapat berubah ke bagian lain; struktur tubuh tidak lagi mengikuti struktur seperti struktur tubuh perempuan.
  • Ciri-ciri kelamin sekunder mengalami kemunduran-kelenjar mamma mengecil, rambut di ketiak dan p*bis meluruh.
  • Organ-organ kela*min mengecil-tuba Fallpoii mengecil; siklus menstruasi berakhir; otot dan endometrium mengecil; lapisan epitel v*gi*na menipis; organ reproduksi luar mengecil.
  • Perubahan psikologi dan pemikiran-berkurangnya hasrat s***ual; kadang-kadang emosi juga terganggu.

Demikian 4 perubahan fisik yang terjadi pada wanita yang akan mengalami masa klimaterik atau menopause. Semoga membantu.