Kenali 5 Kriteria Kacamata Hitam yang Baik untuk Kesehatan Mata Anda

Salah satu cara untuk menghindari cahaya silau dan paparan sinar matahari saat kita melakukan aktivitas di luar yaitu dengan menggunakan Sunglasses atau kacamata hitam, aksesoris ini menjadi wajib Anda kenakan guna melindungi mata dari sinar UV (ultraviolet) yang berbahaya bagi kesehatan mata. Tahukah Anda, ternyata paparan sinar UV yang terus menerus akan merusak mata, baik bagian eksternal maupun bagian dalam mata, misalnya penyakit degenerasi makula dan penyakit katarak.

Baca juga: Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal

Menurut dokter, sangat baik melindungi mata dengan kacamata hitam untuk melindungi paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Kacamata yang digunakan tidak harus mahal, karena kacamata mahal belum tentu baik dan berkualitas. Nah, tips berikut ini akan membantu Anda dalam memilih kacamata berkualitas dan cocok untuk menjaga kesehatan mata Anda.

100% Fitur UV Protection
Untuk menghindari efek radiasi dari paparan UVA dan UVB, maka sunglasses yang digunakan wajib memiliki lapisan UV protection dengan kadar perlindungan full 100%. Pastikan label UV tertera 400nm atau 100% UV protection pada kacamata hitam yang akan dipilih.

Bahan Lensa
Bahan lensa yang Anda pilih disesuaikan dengan kebutuhan Anda. setidaknya ada 3 jenis bahan lensa yang bisa digunakan untuk kacamata hitam, diantaranya : Pertama, polycarbonate (lensa paling tipis, ringan dan kuat). Kedua, CR-39 : terbuat dari polimer plastic, memiliki lapisan anti gores dan tahan terhadap bahan kimia. Ketiga, Kaca: paling tahan dengan goresan tanpa harus menggunakan lapisan tambahan, namun sangat mudah pecah saat digunakan.

Warna Lensa
Untuk warna lensa kacamata sendiri sebenarnya tidak ada masalah, dan Anda bebas memilih sesuai selera, karena lensa yang berwarna hitam tidak berarti menghalangi sinar UV masuk. Saat Anda menggunakan kacamata berlensa gelap, maka pupil akan terbuka lebih besar agar cahaya yang masuk ke mata juga lebih banyak. Saat Anda tidak menggunakan kacamata dengan 100% UV protection, maka Anda akan membiarkan sinar UV masuk ke mata semakin banyak, benar bukan?

Komposisi Bingkai Kacamata
Frame kacamata umumnya terbuat dari bahan-bahan seperti titanium, plastik, alumunium, serta bahan-bahan dasar lainnya, tentunya bahan-bahan tersebut akan mempengaruhi berat kacamata hitam saat Anda gunakan.

Kecocokan Ukuran
Kacamata yang tidak cocok terutama ukurannya akan membuat sinar UV senakin banyak masuk ke mata, kacamata hitam yang sesuai akan melindungi mata dari sinar UV, debu, dan pasir. Style kacamata yang digunakan harus sesuai dengan bentuk muka atau wajah Anda. yang menjadi sangat penting sebelum memutuskan untuk membeli kacamata hitam, pastikan terlebih dahulu apakah memiliki fitur 100% UV protection yang biasanya bisa dilihat di labelnya, pilihan material serta lensa yang digunakan juga harus diperhatikan ya!

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kacamata hitam, yakni jangan lupa mencobanya terlebih dahulu guna memastikan bahwa model, ukuran, dan frame kacamata tersebut sesuai dengan Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This