Kenali 8 Resep Obat Herbal Diabetes di Sekitar Kita

Obat Herbal Diabetes – Apakah keluarga menderita penyakit diabetes? Tentu berbagai upaya pengobatan terus dilakukan agar penyakit diabetes yang di menggerogoti segera sembuh, atau paling tidak gula darah bisa terkontrol, sehingga bisa meminimalkan risiko komplikasi diabetes yang sangat berbahaya dan mematikan. Saat ini, obat herbal untuk diabetes terus di teliti dan dikembangkan sebagai opsi lain untuk mengobati penyakit gula ini, mulai dari akar , daun, batang, kulit, buah, biji dan buah tanaman diteliti kandungan dan senyawa kimia di dalamnya agar bisa memberikan manfaat sebagai obat penyakit kencing manis.

Obat Herbal Diabetes

Suatu kenyataan yang tidak bisa di pungkiri bahwa cara pengobatan tradisional masih mendapat tempat di masyarakat awam dan juga pada kalangan tertentu, termasuk kalangan intelektual. Dikutip dari hasil Susenas 1995 penggunaan obat tradisional oleh masyarakat untuk pengobatan di DKI Jakarta 2,76%, di Yogyakarta 3,19%, dan Jawa Timur 5,59%. Obat tersebut di buat oleh orang lain di DKI Jakarta 0,48%, di DI Yogyakarta 3,77% dan di Jawa Timur 1,81% (BPS,1995).

Sebenarnya, tanpa kita sadari banyak tumbuhan di sekitar kita dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes, baik tanaman yang sengaja di budidayakan atau  rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar kita yang dulunya sering dipakai orang tua kita dulu sebagai obat untuk berbagai macam penyakit termasuk obat herbal untuk diabetes.

Nah, pada artikel kali ini admin akan mengajak Anda mengenali ragam tumbuhan dan tanaman yang cukup efektif mengobati penyakit diabetes mellitus yang ada di sekitar kita, dan tanaman-tanaman tersebut terus diteliti dan telah terbkukti mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu pengobatan diabetes, dan tentunya tanaman herbal tersebut cukup mudah di peroleh seperti daun salam, temulawak, temu ireng, kencur, brotowali, kapulaga, cabe jawa, biji pala, jahe merah, mahkota dewa, tapak liman, kayu manis, cengkeh, kunyit, pace (mengkudu), daun urang aring, daun srikaya, daun sirih dan sebagainya.

Resep Ramuan Obat Herbal Diabetes

Resep 1#

Bahan yang digunakan :

Daun salam 15 lembar, Empu temulawak 5 lembar, temu ireng 15 lembar, daun kencur 15 lembar, daun brorowali 15 lembar.

Campurannya: kapulaga 1 sendok makan, cabe jawa 5 biji, pala 1 ibu jari, jahe merah 1 ibu jari, kemudian semua bahan di rebus, untuk kapulaga, cabe jawa, pala, jahe merah digiling dulu baru di rebus. Rebus dengan 6 gelas air hingga mendidih, biarkan hingga tersisa menjadi 1 gelas.

Air rebusan di minum pagi dan malam sesudah makan, setelah 3 bulan pemakaian ramuan herbal diabetes tersebut, lakukan cek laboratorium untuk mengetahui kadar gula Anda, apabila gula darah sudah normal, pengobatan di hentikan. Namun sebagai langkah pencegahan boleh diminum seminggu 2 kali.

Resep #2

Mahkota dewa diambil dan direbus, temulawak 9 potong, tapak liman 9 biji, kayu manis 1 jari, cengkeh 9 butir, semua bahan tersebut direbus dengan 6 gelas air hingga tersisa 1 gelas, diminum pagi dan malam hari selama 2 bulan, dan bila gulda darah kembali normal pengobatan dapat dihentikan.

Resep #3

Kunyit 1 ibu jari ditambah pace dan garam secukupnya dan diberi 1 liter air dimasukkan ke dalam 1 botol kecil air aqua, diminum ½ gelas pagi dan malam.

Resep #4

Daun urang aring 1 genggam di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas. Diminum 2 kali sehari selama 10 hari.

Resep #5

Daun sirih 9 lembar di rebus dengan air sebanyak 3 gelas, biarkan hingga tersisa 2 gelas, diminum 2 kali sehari selama 10 hari.

Resep #6

Daun sambung nyawa 1 genggam, lidah buaya secukupnya, ditambah gingseng, kemudian direbus dengan air 3 geas hingga menjadi 2 gelas, diminum 3 kali sehari selama 10 hari.

Resep #7

Kulit kayu pule 30 cm, di campur dengan akar alang-alang, pule brotowali 30 cm kering. Prnggunaannya tergantung kadar gula, misalnya <300 hanya daun pace saja atau alang-alang saja. Bila > 300 di buat campuran, sebaiknya diminum bergantian.

Resep #8

Daun kopi secukupnya di rebus, dan diminum sebanya 3 kali sehari tanpa campuran apapun, atau bisa menggunakan daun pepeya dan kembang papaya di rebus dan diminum. Jumlah daun atau bunga tidak di batasi, dan diminum 1 gelas 3 kali sehari.

Demikian 8 Resep obat herbal diabetes yang dapat diperoleh dengan mudah, dan banyak tersedia di sekitar kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita, khsusunya penderita diabetes.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *