Kenali Dampak Jika Bayi & Balita Minum Kopi

Tips Kesehatan Bayi dan Anak – Anda penggemar kopi ? Kopi memang merupakan salah satu minuman favorit bagi orang dewasa, menikmati secangkir kopi panas di pagi hari, sambil bercengkrama dengan keluarga atau orang terdekat membuat seakan-akan kebahagiaan Anda terasa utuh. Tapi tidak jarang pula anak ikut minum kopi yang dihidangkan untuk orang tua. Nah, jika hal ini sering dilakukan oleh anak, berbahayakah ? dikutip dari everyday.globalpost.com, beberapa dampak minum kopi bagi anak dapat dilihat sebagai berikut.

Kafein

Tahukah Anda bahwa yang membuat kopi menarik bagi para penikmatnya adalah karena kandungan kafeinnya yang membuat tubuh terasa segar ketika meminum kopi. Namun jika kafein ini dikomsumsi oleh bayi maupun balita, bisa menyebabkan sakit kepala, sakit perut, dan gangguan pola istirahat anak, sehingga akan menyebabkan suasana hati anak berubah menjadi rewel dan cengeng.

Zero kalori

Kopi mengandung sangat sedikit kalori yang sangat dibutuhkan bayi dan balita Anda. Jika bayi atau balita Anda dibiarkan banyak mengomsumsi kafein, di khawatirkan selera makan dan kebiasaan minum susunya berkurang karena perutnya sudah penuh dengan kopi.

Gangguan Penyerapan Zat Besi

Kopi dapat mengganggu kinerja tubuh dalam penyerapan zat besi yang sangat diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari anemia, dimana kebutuhan zat besi sangat mutlak diperlukan bagi bayi dan balita dalam masa pertumbuhannya agar pertumbuhan fisik, kognitif dan regenerasi sel darah merahnya akan bekerja dengan baik.

Menimbulkan Masalah Pada Mulut dan Gigi

Meskipun pertumbuhan gigi pada bayi dan balita belum lengkap dan sempurna, namun Anda juga perlu mewaspadai akan dampak kopi terhadap kesehatan gigi bayi, balita Anda. Gula dalam kopi akan memberikan kontribusi bagi pengeroposan gigi.

Sebaiknya tunggu usia anak hingga 6 tahun, baru Anda diperbolehkan memperkenalkan kopi untuk si buah hati, itupun harus di batasi, membiasakan mengomsumsi air putih barangkali lebih baik daripada minum kopi. Happy parenting bunda

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *