Kenali Faktor Penyebab Terganggunya Kesehatan Mata Berikut Ini

BerandaSehat.com – Faktor Penyebab Terganggunya Kesehatan Mata tidak ada salahnya untuk diketahui. Pasalnya mata merupakan bagian dari organ penting yang dimiliki manusia. Membantu setiap aktifitas yang dilakukan karena bisa melihat dengan jelas dan nyaman. Hanya saja seringkali orang kurang menjaga kesehatan mata. Tanda disadari ada banyak hal bahkan kebiasaan yang justru bisa menyebabkan gangguan atau justru rusaknya indra penglihatan. Jika tidak disadari sejak dini, bukan tidak mungkin kesehatan mata aka terganggu bahkan saat usia masih muda sekalipun.

Jadi tidak ada salahnya jika perlu mengenali beberapa Faktor Penyebab Terganggunya Kesehatan Mata berikut ini mengutip dari health.detik.com antara lain :

Kebiasaan merokok. Sudah banyak dijelaskan bahwasanya merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan hanya saja kebiasaan ini seperti sulit dihindari banyak orang. Kandungan zat-zat kimia pada rokok bisa berdampak buruk bagi salah satu bagian yang sensitif pada retina manusia yaitu makula. Jika sel-sel pada makula mati maka terganggunya bahkan kerusakan mata akan semakin besar risikonya.

Kebiasaan mengerutkan mata. Biasanya dilakukan ketika mata lelah atau melihat kurang jelas. Hal ini sering terjadi ketika terlalu sering berada di depan layar komputer untuk bekerja, bermain game, browsing internet, menonton televisi maupun membaca dalam waktu berjam-jam. Adanya tekanan yang terlalu berlebihan ini meningkatkan terjadinya kerusakan pada otot-otot sekitar mata. Alhasil risiko terjadinya gangguan penglihatan pun semakin besar.

Terlalu sering memperoleh paparan sinar UV (ultraviolet). Sinar UV bisa membakar kornea, retina maupun lensa mata. Paparan sinar UV berlebihan juga semakin memperbesar risiko mengalami katarak. Itulah mengapa untuk memperkecil risiko ada baiknya ketika beraktifitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari ada baiknya untuk menggunakan kacamata hitam dan topi.

Penggunaan komputer secara berlebihan. Saat ini orang memiliki kecenderungan untuk tidak bisa lepas dari televisi, komputer, laptop, tablet dan gadget lainnnya. Gadget tersebut bisa digunakan untuk bekerja, belajar atau sekedar mencari hiburan. Hanya saja seringkali tidak disadari bahwasanya kebiasaan yang dilakukan sudah cukup berlebihan. Melihat layar lebih dari 6 jam tanpa jeda bisa membuat mata lelah, tegang, iritasi, kurang peka terhadap cahaya dan gangguan lainnya. Jika memang ssulit untuk mengurangi karena pekerjaan pastikan untuk memberikan jeda.

Memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes. Kedua penyakit ini jika tidak dikelola dengan baik bisa membahayakan organ penglihatan. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan retinopati hipertensi dimana mata memiliki kesulitan untuk memfokuskan gambar atau penglihatan. Sedangkan diabetes bisa menyebabkan glaukoma bahkan kebutaan.

Bagaimana? Apakah sudah tercerahkan dengan beberapa informasi tersebut? semoga dengan mengetahui Penyebab Terganggunya Kesehatan Mata maka bisa membuat Anda lebih mudah menjaga kesehatan mata diri sendiri maupun orang-orang yang disayangi salah satunya keluarga.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *