Kenali Reaksi dan Efek Obat Dalam Tubuh Anda

5 Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes

Seperti dikutip dari situs id.wikipedia.org, obat adalah benda atau zat yang dapat dipergunakan untuk menyembuhkan penyakit, membebaskan atau menghilangkan gejala, atau mengubah proses kimia yang terjadi di dalam tubuh.

Efek Obat akan baik dan bermanfaat bagi tubuh jika digunakan sesuai dengan indikasi dan sebelum pemberiannya telah dilakukan  pemeriksaan terlebih dahulu oleh orang-orang yang kompeten seperti dokter atau tenaga kesehatan lainnya, sebaliknya akan berbahaya jika digunakan sembarangan dan bukan atas dasar rekomendasi dokter (tanpa resep dokter)

Tahukah Anda bahwa di dalam tubuh obat akan bekerja sesuai dengan proses kimia. Reaksi obat dapat dihitung dalam satuan paruh waktu, yaitu jangka waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mengeliminasi obat sehingga terjadi pengurangan konsentrasi obat ( ½ dari kadar puncak ) dalam tubuh.

Kenali Reaksi dan Efek Obat Dalam Tubuh Anda

Reaksi obat di dalam tubuh tidak semuanya sama. Terkadang obat dapat bereaksi dengan cepat, tetapi terkadang bereaksi lambat. Kecepatan reaksi obat ini berhubungan dengan usia, berat badan, jenis kelamin, faktor genetis, faktor psikologis, kondisi patologis, waktu, cara pemberian, dan lingkungan.

Obat memiliki dua macam efek di dalam tubuh, yaitu efek terapaeutik dan efek samping yang dapat dilihat sebagai berikut.

  • Efek Terapeutik : merupakan efek yang sesuai dengan yang diharapkan sesuai kandungan dalam obat, misalnya paliatif ( berefek mengurangi gejala ), kuratif ( berefek pengobatan ), subtitutif ( berefek sebagai pengganti ), suportif ( berefek meningkatkan fungsi atau respons tubuh ), restoratif ( berefek memulihkan fungsi tubuh ), dan kemoterapi ( berefek mematikan atau menghambat ).
  • Efek Samping : merupakan efek yang tidak di harapkan dari obat. Efek ini tidak dapat diramal bahkan dapat membahayakan, misalnya alergi dan toksisitas.

Dengan mengenal berbagai efek dan reaksi obat dalam tubuh kita dapat membuat kita lebih bijaksana dalam memilih obat, dan selalu meminta resep dari dokter untuk meminimalisir efek samping yang akan membahayakan Anda.

5/5 (1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This