Kenali Sakit Perut yang Sering Menyerang Anak

Beranda SehatSakit perut pada anak harus di cari penyebabnya pada organ-organ yang ada dalam rongga perut. Perlu pemeriksaan yang teliti terhadap kotorannya, apakah ada darahnya atau tidak. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya infeksi, atau kelainan yang disebabkan beberapa penyakit radang pada usus. Perlu pula diperiksa, apakah pada waktu berkemih terasa sakit atau tidak. Adakah secara tidak sadar air kencing keluar sendiri, ketika rasa sakit di perut timbul ? pemeriksaan ini berhubungan dengan ada tidaknya kelainan yang berhubungan dengan ginjal.

Ada kemungkinan anak yang sakit perut harus diperiksakan dengan sinar X atau USG, tetapi mereka tidak perlu menjalani pemeriksaan lainnya seperti pada orang dewa**sa. Ini hanya akan membuat anak merasa lebih menderita, dan bisa menimbulkan ketegangan psikis. Bila pemeriksaan tersebut telah dilakukan, mungkin pula perlu dilakukan pemeriksaan kejiwaan anak. Seringkali terjadi, pada pemeriksaan tidak ditemukan adanya kelainan organ didalam rongga perut. Namun, setelah diteliti lebih seksama, ternyata anak itu mengalami keadaan tidak tenang, perasaan tidak mantap. Ini timbul karena perasaan tidak aman, atau ada masalah di dalam keluarga, mulai dari ketidakharmonisan orangtua sampai keadaan ekonomi keluarga tidak stabil.

Mungkin juga perasaan sakit perut timbul, karena anak berambisi terlalu besar. Keinginannya untuk mendapatkan hasil terbaik di sekolah, membuatnya tegang. Dia memang telah mendapatkan ahsil yang cukup baik di sekolahnya, bahkan kadang-kadang sangat baik. Tetapi hasil itu mungkin harus dibayarnya dengan harga yang cukup mahal berupa kesehatannya yaitu rasa sakit perut. Setiap kali timbul usaha berkompetisi yang erlebihan, timbul rasa sakit perut. Keadaan ini mungkin dipengaruhi harapan orang tua, tanpa melihat kesanggupan anaknya.

Untuk anak yang sakit perut, perlu diperiksa dulu oleh dokter penyakit anak, bila ternyata tidak ditemukan kelainan organis, sebaiknya berkonsultasi pada ahli jiwa anak.