Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.COM

Majukan Peternakan Indonesia bersama ilmuhewan.com – Bagi Anda yang memiliki hobi di bidang dunia peternakan, atau sedang merintis usaha di bidang peternakan, kabar baik buat Anda lho, karena saat ini baru saja launching website atau situs peternakan yang mengusung motto atau tagline “Majukan Peternakan Indonesia bersama ilmuhewan.com”. Situs ini akan memberikan Anda tambahan informasi seputar ilmu hewan yang ideal nya memang harus di kuasai bagi orang yang memiliki minat merintis usaha di bidang peternakan dan sejenisnya. Situs ilmuhewan.com akan mengupgrade pengetahuan Anda tentang ilmu dan dunia hewan, serta bagaimana merintis usaha peternakan yang berdaya saing hingga ke mancanegara, bisa di bayangkan jika Anda sukses di bidang peternakan, dan distribusinya bisa menembus pasar internasional, tentu saja pundi-pundi rupiah akan mengalir terus-menerus ke kocek Anda, luar bisa bukan? namun apakah hal tersebut bisa terwujud? jawabannya tentu saja bisa, dengan catatan Anda memang harus bekerja keras dan kerja smart, dengan menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi  bidang peternakan modern dan dan usaha Anda yang berkelanjutan dan konsisten. Untuk itu kami merekomendasikan, situs ilmuhewan.com sebagai salah satu web yang bisa membantu Anda mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini seputar dunia peternakan modern yang akan mengajarkan Anda bagaimana menggunakan teknologi peternakan untuk mendapatkan hasil dan keuntungan sebesar-besarnya.

majukan peternakan indonesia bersama ilmuhewan.com

Tingginya tingkat komsumsi masyarakat akan produk-produk yang berasal dari hewani, merupakan pangsa pasar yang menjanjikan keuntungan yang luar biasa jika dijalankan dengan benar dengan menggabungkan teknologi peternakan modern, mulai dari proses penyediaan lokasi, bibit, dan bagaimana merawat hewan ternak agar sehat dan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi nantinya. Jadi sangat tepat jika Anda membca informasi di ilmuhewan.com, mengapa? karena semua informasi yang Anda perlukan seputar ilmu hewan dan ilmu peternakan dengan mudah di dapatkan di ilmuhewan.com

Majukan Peternakan Indonesia bersama ilmuhewan.com, Agar Mampu Berdaya Saing di Bidang Peternakan

Potensi Peternakan di Indonesia

Jika kita melirik potensi sumber daya alam yang di miliki Indonesia, tentu sudah selayaknya jika negara kita mampu memenuhi kebutuhan pangan yang berasal dari ternak, bahkan lebih dari itu Indonesia memiliki potensi yang kuat untuk menjadi salah satu negara pengekspor produk-produk peternakan. Namun,  kenyataannya saat ini pembangunan budidaya ternak di Indonesia belum bisa di katakan berhasil dalam memenuhi sebagian kebutuhan dalam negeri, dan sekarang in Indonesia masih mengimpor sapi hidup sekitar 30% dan produk susu 75% dari semua kebutuhan komsumsi di dalam negeri. Ditambah lagi dalam dua dekade terakhir impor ternak sapi hidup semakin menigkat sebagai dampak populasi sapi mengalami kemerosotan, juga diiringi dengan penurunan populasi kerbau dari 3,6 juta ekor menjadi 2,4 juta ekor.

Kompleksnya masalah masalah pengembangan peternakan di indonesia seperti rendahnya produktivitas, penyakit, manajemen, serta modal dan kelembagaan, juga sosial ekonomi peternakan tentu menjadi pekerjaan rumah yang harus cepat ditindaklanjut agar pengembangan sektor peternakan di Indonesia mampu berdaya saing di antara negara-negara pengekspor produk-produk ternak seperti sapi di dunia.

Istilah-Istilah dalam Ilmu Peternakan

Beberapa istilah yang perlu diketahui tentang dunia ternak atau peternakan (definisi operasional) antara lain :

Ternak
Ternak adalah hewan yang dipelihara dimana kehidupannya menyangkut tempat, perkembangbiakan dan manfaatnya, serta diatur dan diawasi manusia dan dipelihara khusus sebagai sumber penghasil bahan-bahan atau jasa-jasa yang berguna bagi keperluan hidup manusia

Peternak
Peternak merupakan subyek, orang, atau badan hukum atau buruh peternakan yang sumber penghasilannya sebagian atau seluruhnya berasal kepada peternakan.

Peternakan
Peternakan adalah pengusahaan/pemeliharaan/pembudidayaan hewan ternak dengan dilengkapi segala fasilitas dan penunjang bagi kehidupan dan kebutuhan hewan ternak.

Peternakan Murni
Yang dimaksud peternakan murni adalah cara peternakan dimana perkembangbiakan ternak-ternaknya dilakukan dengan jalan pemacekan antara ternak/hewan yang termasuk dalam satu rumpun.

Perusahaan Peternakan
Perusahaan peternakan adalah bentuk usaha peternakan yang dilakukan di tempat-tempat tertentu serta perkembangbiakannya dan juga manfaatnya diatur dan diawasi oleh peternak-peternak.

Kelas Ternak
Kelas ternak merupakan sekumpulan atau kelompok bangsa-bangsa ternak yang dibentuk dan dikembang biakkan bermula dari suatu daerah tertentu.

Bangsa Peternak
Merupakan suatu kelompok dari ternak yang mempunyai persamaan baik itu bentuk morfologisnya, sifat-sifat fisiologisnya, bentuk anatomis, dimana karakteristik untuk tiap-tiap bangsa dan sifat-sifat persamaan ini dapat diturunkan pada generasi berikutnya.

Secara ringkas, ilmuhewan.com hadir untuk mengobati dahaga para pencinta dunia hewan dan ilmu hewan yang haus akan berbagai informasi seputar dunia peternakan modern di Indonesia, di mana selama ini belum ada situs yang menyediakan secara khusus tentang dunia peternakan dan ilmu hewan yang dipadukan dengan teknologi modern bidang peternakan saat ini, yang tentunya akan memberikan hasil yang jauh lebih baik lagi.

Dengan berkunjung ke situs peternakan indonesia yakni ilmuhewan.com, maka Anda akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang menyenangkan dengan suguhan-suguhan infoemasinya yang khas dan up to date seputar ilmu hewan dan ilmu peternakan modern di era modern seperti saat ini. Kategori informasi yang bisa Anda nikmati di ilmuhewan.com diantaranya:

Kategori Perikanan

Pengelolaan dan pengembangan budidaya perikanan ciri khas, yang membuatnya sangat berbeda dengan pengembangan budidaya lainnya seperti perternakan, pertanian dan juga kehutanan, mengapa? karena pada areal terestrial hanya memiliki pemanfaatan ruang dua dimensi ( panjang dan lebar), sementara budidaya perikanan dapat memanfaatkan ruang tiga dimensi ( panjang, lebar, dan dalam atau volume air). Oleh karena itu, pemanfaatan budidaya perikanan dapat memanfaatkan yang sangat luas, dengan memiliki prinsip the sky is the limits. Sama halnya dengan potensi peternakan, budidaya perikanan juga belum bisa di optimalkan di indonesia untuk kemakmuran rakyat, diperlukan dukungan SDM dan sinergi pemerintah dan masyarakat.

Kategori ini cocok bagi Anda yang sedang merintis usaha budidaya perikanan, beberapa artikel yang bisa jadi bahan bacaan diantaranya, cara budidaya ikan naga ( polypterus atau ikan palmas), panduan ternak ikan gabus di kolam terpal, cara budidaya ikan tawes di kolam terpal, cara ternak dan budidaya ikan arwana, panduan memanfaatkan sawah sebagai media budidaya ikan, panduan budidaya ikan air tawar, panduan mudah budidaya ikan bawal di kolam terpal, panduan budidaya ikan toman, ikan betok, cara pembenihan ikan lele, teknik dan cara pemijahan ikan mas, teknik dan panduan budidaya ikan tuna…., dan masih banyak lagi artikel budidaya yang tentunya akan terus di update secara berkala. Menarik bukan?

Kategori Ternak Hewan

Jika kita bicara tentang suatu usaha, yang paling penting adalah seberapa besar segmen pasar dan permintaan pasar terhadap produk yang akan kita tawarkan, bukan berapa besar keuntungan yang akan diperoleh, mengapa? meski keuntungan sangat menggirukan, tetapi tidak ada segmen pasar yang menjanjikan, tentu usaha yang kita kelola tidak akan bertahan lama, dan lambat laun akan gulung tikar, jadi mesti keuntungan yang diperoleh relatif kecil, tapi jika permintaan besar dan berkelanjutan, tentu akan membawa keuntungan besar pula dan untuk jangka panjang. Dan usaha bidang peternakan tentu saja menjjanikan untuk digeluti, karena telah memenuhi dua penting, permintaan pasar yang tinggi dan juga jangka panjang. Tugas kita tinggal menganalisa pada lingkungan sekitar kita, usaha ternak jenis apa yang paling menguntukan untuk di coba.

Dalam kategori ternak hewan Anda akan menjumpai bergam artikel menarik seputar dunia ternak hewan, seperti beberapa artikel yang telah tersedia dan bisa Anda baca di ilmuhewan.com diantaranya, cara ternak bebek petelur untuk kategori pemula, cara ternak sapi bali untuk pemula, cara ternak bebek hibrida untuk peternak pemula, cara ternak semut angkrang yang menghasilkan, teknik ternak bebek peking dengan mudah, cara budidaya udang hias air tawar, cara ternak burng cucak ijo, tips budidaya dan ternak bekicot, cara ternak ayam kampung yang benar, hal yang perlu diperhatian dalam ternak cacing, ikan lele organik dan cara budidaya, cacing merah dan cara budidaya, jenis domba yang layak untuk di budidayakan, cara bididaya ikan koi dengan gampang, panduan sederhana budidaya belut dalam tong serta tips dalam beternak kelinci.

Kategori Penyakit Hewan

Timbulnya penyakit pada hewan ternak tentu sangat merugikan dan membawa dampak ekonomi yang cukup besar bagi peternak dan masyarakat luas yang memiliki hewan ternak maupun masyarakat lainnya, kerena banyaknya penyakit ternak yang tidak hanya menyerang hewan ternak tetapi juga bisa menular pada manusia atau yang biasa dikenal dengan ‘ZOONOSIS’. Beberapa gangguan kesehatan pada hewan ternak seringkali karena adanya infeksi agen penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, virus dan parasit, atau bisa juga karena masalah gangguan metabolisme. Oleh karena itu perlu sekali memiliki pengetahuan yang cukup tentang jenis penyakit pada hewan ternak dan cara penanggulangan yang perlu dilakukan.

Hal yang tidak kalah penting adalah, adalah langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan dengan cara memperhatikan perkandangan yang baik, seperti ventilasi kandang yang cukup, lantai kandang. Dengan sanitasi yang baik tentu merupakan langkah preventif yang ampuh untuk mencegah penyakit pada hewan ternak.

Dalam kategori ini Anda akan dibekali dengan pengetahuan dan informasi seputar penyakit-penyakit yang sering menjangkiti hewan ternak atau hewan peliharaan, serta bagaimana cara mencegah dan mengobatinya, semua dijelaskan dengan cara yang gamblang dan jelas, beberapa artikel untuk kategori ini seperti cara pengendalian hama dna penyakit pada ikan lele, jenis dan cara mengendalikan hama penyakit pada ikan mas, dan artikel lainnya yang akan terus di lengkapi di ilmuhewan.com, dan kategori selanjutnya adalah

Kategori Pakan Hewan

Jika kita bicara tentang pakan ternak, tentu tidak hanya tentang rumput segar, tetapi bisa juga diganti dengan bahan pakan lain seperti kedelai, umbi-umbian, bungkil kacang, kedelah, bahkan olahan jerami. Khusus untuk hewan ternak jenis rumnisia seperti ternak kambing, ternak sapi, ternak kerbau, dan juga domba, intinya kebutuhan gizi hewan ternak dapat terpenuhi seperti unsur mineral, vitamin, protein untuk meningkatkan hasil dan reproduksi. Jadi tentu pakan ternak dapat di buat dari bahan-bahan lainnya, asalkan sesuai dengan jenis kebutuhan ternak tersebut.

Pada kategori ini akan Anda dakan diajak untuk mengenali klasifikasi dan jenis-jenis pakan hewan ternak, bahan-bahan untuk membuat pakan hewan, serta cara mudah membuat pakan hewan sendiri di rumah tanpa harus membeli sehingga akan menekan pengeluaran dan menambah keuntungan Anda, contoh artikel yang dapat ditemukan di situs ilmuhewan.com seperti cara mudah membuat sendiri pakan sapi, pakan alternatif untuk jenis sapi potong, dan cara memilih pakan kelinci yang sehat.

Leave a Comment

WhatsApp chat