Makanan Sehat Sesuai Usia, ini Panduannya!

menu sehat sesuai usiaMakanan sehat sesuai usia turut berpengaruh terhadap kesehatan kamu secara keseluruhan. Tubuh sendiri memang butuh nutrisi yang berbeda-beda di setiap fase usia yang berbeda-beda. Makanan yang tepat akan jadi sumber energi yang kamu butuhkan pada usia tersebut. Begitu juga dengan proteksi diri yang tepat, yakni seperti misalnya asuransi kesehatan atau asuransi lainnya seperti bpjs kesehatan. Oleh karena itu, pastikan kamu punya asuransi dan kemudian memenuhi kebutuhan nutrisi saat ini.

Nah, berikut panduan makanan sehat sesuai usia yang bisa kamu jalankan sesuai usia kamu sekarang ini:

Usia Belia

Kamu yang sedang dalam tahap usia belia atau remaja, khususnya butuh asupan zat besi agar tidak mudah lelah ataupun mudah pusing. Selain itu, zat besi dapat menduung pertumbuhan yang memang sedang pesat ketika remaja. Berikut panduan mini mengenai makanan yang bisa kamu perbanyak:

  • Makan daging ataupun steak setidaknya seminggu 3 kali. Daging punya kandungan zat besi yang gampang diserap oleh tubuh.
  • Makan tiram karena kandungan zinc yang meningkatkan sistem daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.
  • Sumber kalsium seperti misalnya keju, susu, yogurt ataupun sayuran hijau, kacang-kacangan dan juga seafood. Kalsium bermanfaat untuk membantu kamu bertumbuh tinggi dan tulang jadi kuat.
Usia 20-an

Berikut panduang bagi kamu yang memasuki usia 20-an yang harus sering beraktivitas karena kuliah atau pekerjaan:

  • Sering makan buah berry segenggam saja, ini karena kandungan vitamin C dapat meningkatkan sistem imum dan tubuh lebih mudah menyerap zat besi.
  • Kacang-kacangan bermanfaat agar tulang kamu jadi lebih kuat. Selain itu, pilih pula makanan kaya kalsium seperti susu rendah lemak dan ikan tulang lunak.
  • Konsumsi bayam karena kandungan folatnya yang bisa cegah kerusakan syaraf dan atasi kelelahan.
Usia 30-an

Usia 30-an merupakan usia dimana produktivitas semakin padat lagi.

  • Segenggam kacang tentu lebih baik daripada donat. Donat malah akan menaikkan gula darah, sementara Anda jadi lebih rentan terhadap diabetes.
  • Konsumsi makanan yang punya kandungan vitamin B yang tinggi seperti misalnya sereal, sayuran hijau, roti gandum dan juga telur. Ini karena vitamin tersebut dapat bantu Anda menyerap energi dari makanan yang Anda konsumsi.
  • Udang kaya akan zinci sehingga Anda akan tetap tampil menawan dan sehat.
Usia 40-an

Di usia 40-an, Anda mungkin sudah mengalami beberapa gejala menuju penyakit. Oleh karena itu, jaga tubuh Anda:

  • Almond dapat mengurangi lemak pada pinggang dan perut serta menjadi salah satu makanan yang menjaga kesehatan jantung.
  • Oat ataupun barley dapat jadi pilihan tepat karean bisa menjaga berat badan tetap ideal, melancarkan peredaran darah dan juga jantung jadi sehat.
Usia 50-an ke atas

Di usia yang termasuk lanjut, makanan sehat sesuai usia ini harus sangat diperhatikan. Namun tentu jadi lebih mudah apabila memang sedari muda Anda telah memerhatikan nutrisi ke dalam tubuh Anda:

  • Padukan 3 kacang dalam satu piring, seperti misalnya buncis, tahu dan juga kacang merah. Kandungan gizinya dapat menangkah pengaruh buruk dari menopause.
  • Ikan kaya akan omega 3 akan menjaga kesehatan jantung Anda, sel-sel otak dan juga penglihatan Anda.
  • Oat ataupun barley dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam usus.

Nah, dengan panduan mini ini, semoga kamu bisa menentukan makanan sehat sesuai usia. Jangan lupakan untuk sedini mungkin memiliki proteksi diri sebagaimana sudah disinggung di awal artikel ini. Sebagai informasi saja, semakin tua usia maka premi pun akan semaki tinggi. Meski, misalnya asuransi pemerintah seperti BPJS kesehatan tidak mematok usia kamu ketika bergabung dalam program ini tetapi kan perlu juga untuk jaga-jaga ya? Jadi, jangan tunggu hingga usia tua baru jaga kesehatan dan miliki proteksi diri.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?