Makanan Tepat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Berandasehat.com – Setelah sebelumnya mengetahui Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal maka tidak ada salahnya jika mengetahui pula mengenai Makanan Tepat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwasanya ginjal berfungsi membantu tubuh menyaring darah dari racun dan zat yang tidak baik bagi tubuh. Fungsi ginjal yang kurang baik akan membuat kesehatan terganggu. Bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal. Dimana ginjal tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya.

Selain perlu memperhatikan gaya hidup mulai dari melakukan banyak aktifitas fisik, menjauhi rokok dan alkohol ada baiknya juga perlu mengonsumsi berbagai Makanan Tepat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal. Tidak perlu dikonsumsi setiap hari namun setidaknya Anda bisa memasukkannya dalam menu makanan sesekali. Toh beberapa makanan yang baik untuk kesehatan ginjal juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dan makanan tersebut antara lain :

1. Putih telur. Makanan satu ini merupakan sumber protein tinggi. Selain itu juga mengandung fosfor. Jika memiliki masalah ginjal sebaiknya kuning telur dihindari namun tetap bisa mengonsumsi putih telur.

2. Kubis dan Kembang Kol. Baik kubis maupun kembang kol sama-sama sayuran yang baik untuk kesehatan ginjal. Kubis mengandung tinggi zat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan ginjal. Sementara kembang kol mengandung indoles, glucosinolates dan tiosianat yang membantu kinerja ginjal mengeluarkan zat racun dalam tubuh.

3. Bawang putih dan Bawang merah. Keduanya dikenal sebagai bumbu masakan. Bawang putih memiliki zat antioksidan dan anti pembekuan yang bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung selain itu juga membantu mengurangi kolesterol jahat. Sementara bawang merah bermanfaat menawarkan racun dan membantu membersihkan ginjal. Bahkan bawang merah dikenal sebagai obat batu ginjal alami.

4. Buah Anggur dan Apel. Buah-buahan tersebut mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan ginjal. Selain itu juga berfungsi sebagai detoksifikasi bagi tubuh. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari. Apalagi buah-buahan tersebut juga mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Ikan. Ikan mengandung Omega-3 yang akan membantu menjaga ginjal dari penyakit. Ikan juga merupakan sumber protein yang baik.

Nah, setelah mengetahui beberapa Makanan Tepat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal maka Anda bisa memasukkannya sebagai bagian menu makanan sehari-hari.