Makanan yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Setelah membaca Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi maka ada baiknya mengetahui pula Makanan yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi. Perlu diingat bahwa kadar kolesterol yang harus dikurangi adalah kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) bukan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat menganggu aliran darah ke otak sehingga menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sedangkan kolesterol HDL yang membantu membersihkan dan memperlancar aliran darah.

Sehingga saat memeriksa kadar kolesterol perlu diketahui pula, kolesterol HDL atau LDL yang kadarnya tinggi dalam tubuh. Jika kadar kolesterol LDL yang tinggi maka harus segera diupayakan untuk diturunkan atau diredakan. Salah satunya dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi.

Ada beberapa Makanan yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi yaitu :

1. Kacang-kacangan. Misalnya saja kacang merah, kacang panjang, buncis dan kacang kedelai. Zat isoflavon pada kacang kedelai mampu menekan kadar LDL sehingga disarankan untuk mengonsumsi kacang kedelai atau olahannya baik dalam bentuk tahu, tempe, atau susu setiap harinya. Namun jangan diolah dengan digoreng atau dimasak dengan santan. Sementara itu kadar serat larut yang tinggi pada kacang merah, kacang panjang dan buncis membantu mengurangi kadar kolesterol hingga 10 persen.

2. Buah Alpukat. Buah satu ini sangat bermanfaat meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol yang baik bagi tubuh.

3. Buah Semangka. Selain mengandung vitamin A dan C, semangka juga mengandung antioksidan dan likopen yang mampu mentralisir rakidal bebas dan mampu mengurangi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah.

4. Buah Tomat. Kandungan buah tomat masak dikatakan memiliki khasiat yang sama dengan obat kimia yang bernama statin. Obat ini seringkali digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Sehingga untuk membantu mengontrol kolesterol setidaknya mengonsumsi jus tomat sebanyak setengah liter per hari.

5. Buah Apel. Mengonsumsi buah apel berukuran sedang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Setidaknya mengonsumsi buah apel minimal sehari sekali.

6. Ikan. Ikan bisa digunakan untuk menggantikan konsumsi daging sapi atau ayam. Konsumsi ikan tuna, salmon atau sarden yang kaya akan omega 3 akan membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi terjadinya penggumpalan darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Tentu saja tidak diolah dengan digoreng atau dimasak dengan santan.

7. Gandum/Oatmeal. Kandungan seratnya yang tinggi dan betaglucan nya mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Bisa dikonsumsi untuk sarapan atau konsumsi sehari-hari.

8. Sayuran Hijau. Kandungan vitamin B kompleks dan niasin pada bayam, brokoli, sawi hijau, seledri, paprika dan lainnya mampu membantu mencegah pembekuan arteri.

Untuk membantu mengontrol kolesterol juga perlu istirahat dan olahraga yang cukup. Sehingga konsumsi Makanan yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi tersebut bisa benar-benar bekerja secara maksimal.