Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

Berandasehat.com – Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan banyak disarankan salah satunya melalui kampanye melakukan 10,000 langkah setiap hari. Melakukan 10,000 langkah setiap hari berdasarkan penelitian dikatakan mampu meningkatkan kesehatan. Mengutip dari nhs.uk jalan kaki dikatakan mampu meningkatkan stamina, membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Apalagi aktifitas jalan kaki bisa dilakukan kapan pun, dimanapun, apapun cuacanya. Hanya dengan berjalan kaki, bisa memperoleh badan yang sehat.

Berapa banyak kalori yang bisa berkurang dengan berjalan kaki?
Jika dalam sehari Anda berjalan kaki setidaknya 10,000 langkah dengan langkah cepat maka dapat membakar kalori setidaknya 440 kalori untuk orang dengan berat badan 70 kg. Jika ingin menurunkan berat badan, maka langkah ini bisa dikombinasikan dengan pola diet makan dan minum.

Apakah dalam sehari harus melakukan 10,000 langkah?
Sebenarnya tidak harus. Namun akan lebih baik jika mampu melakukannya. Rata-rata dalam sehari orang bisa berjalan setidaknya 3000 hingga 4000 langkah. Untuk diketahui 1000 langkah setidaknya setara dengan berjalan cepat selama 10 menit. Agar lebih efektif dan lebih mudah untuk menentukan jarak untuk berjalan kaki, bisa dimulai dengan mengetahui terlebih dahulu berapa rata-rata kita berjalan. Menggunakan alat pedometer yang saat ini semakin mudah ditemukan dengan harga terjangkau. Jika sudah mengetahui jarak rata-rata per harinya maka akan lebih mudah untuk menambah jarak dan mengetahui berapa banyak langkah yang sudah dilakukan setiap harinya.

Bagaimana cara meningkatkan jumlah langkah per harinya?
Agar bisa merasakan Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan maka jumlah langkah setiap harinya sebaiknya ditambah. Jika selama ini sangat minim berjalan kaki, sebaiknya mulai melakukannya untuk kesehatan jangka panjang. Misalnya jarak rumah ke minimarket atau warung tidak terlalu jauh, ada baiknya berjalan kaki saja, tidak perlu menggunakan sepeda motor. Selain meningkatkan kesehatan juga bisa sekaligus menghemat bahan bakar. Kemudian tidak ada salahnya jika setiap seminggu sekali mengajak keluarga jalan-jalan pagi misalnya ke taman. Selain memperoleh manfaat kesehatan juga bisa meningkatkan hubungan kedekatan dengan keluarga. Bagi muslim, rajin sholat berjamaah ke masjid bisa menjadi solusi lain yang bisa dilakukan.

Bagaimana cara mencegah kebosanan saat berjalan kaki?
Jalan kaki sendirian memang membosankan. Namun jika mengajak teman, sahabat, keluarga atau pasangan tentu akan menyenangkan. Bisa jalan kaki sekaligus mengobrol. Bisa juga bergabung dengan acara jalan bersama atau klub berjalan. Saat ini semakin banyak acara berjalan bersama layaknya sepeda bersama. Klub berjalan kaki pun juga semakin banyak. Cara lainnya adalah mendengarkan lagu-lagu favorit melalui mp3 atau alat pemutar musik lainnya.

Bagaimana masih ragu dengan Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan? Sebaiknya segera lakukan mulai dari sekarang. Tidak hanya mampu membakar kalori tetapi juga baik untuk kesehatan tulang, jantung, mengurangi stress dan lainnya. Apalagi jalan kaki bisa dilakukan kapapun hingga usia berapapun. Olahraga ini juga mudah dan murah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *