Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Saat lelah beraktifitas mandi selalu menjadi hal yang dilakukan untuk mengurangi lelah. Selain itu mandi juga membuat badan terasa segar. Apalagi jika mandi menggunakan air hangat, otot-otot terasa lebih nyaman, tenang dan santai. Hanya saja, terlalu sering mandi menggunakan air hangat tidak terlalu bagus. Terutama untuk kesehatan kulit. Berbeda jika mandi menggunakan air dingin yang memiliki banyak manfaat. Memang rasannya enggan saat menyentuh air dingin apalagi cuaca hujan atau kondisi udara yang dingin. Namun tidak ada salahnya mengetahui Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan sehingga bisa menyeimbangkan mandi air dingin atau air hangat.

Berikut ini ada beberapaManfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan yang perlu diketahui, yaitu :

1. Mandi menggunakan air dingin di waktu pagi bisa memberikan semangat memulai hari. Dinginnya air memang mengagetkan namun tentu akan mencegah kantuk datang. Tidak ada salahnya melawan dinginnya pagi dengan mandi menggunakan air dingin.

2. Melancarkan sirkulasi darah. Guyuran air dingin saat mandi membantu membuat aliran darah ke organ-organ tubuh semakin lancar. Kesehatan badan pun semakin terjaga.

3. Meredakan pilek. Saat sedang pilek, seringkali memutuskan mandi menggunakan air hangat dengan tujuan agar pilek tidak semakin parah karena air dingin. Ternyata ada penelitian kesehatan dimana mandi menggunakan air dingin di pagi hari justru akan meredakan sakit pilek yang tengah diderita. Hal ini disebabkan, saat pilek tubuh cenderung terasa demam. Nah, guyuran air dingin membantu menurunkan suhu tubuh sehingga terasa lebih segar.

4. Mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Seseorang akan reflek mengenakan selimut atau baju hangat saat udara dingin. Hal ini dilakukan untuk membuat tubuh terasa hangat. Nah, begitu pula yang terjadi pada tubuh. Saat disiram dengan air dingin, metabolisme tubuh akan meningkat. Tubuh akan berupaya membuat suhu tubuh kembali normal. Pada kondisi demikian, lemak dan karbohidrat akan mengalami pembakaran sehingga tubuh akan kembali hangat. Dengan kata lain mandi air dingin termasuk upaya untuk menurunkan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit. Mandi menggunakan air dingin akan membantu mengecilkan dan menutup pori-pori pada kulit. Sehingga dapat mencegah masuknya kotoran maupun minyak yang mampu menutupi pori-pori. Kulit juga tidak akan terasa kering seperti halnya saat mandi dengan air hangat. Selain itu mandi air dingin juga bagus untuk kesehatan kulit kepala. Air dingin membantu menutup pori-pori, menutup kutikula sehingga rambut lebih kuat saat disisir dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala.

Semoga beberapa Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan tersebut semakin meningkatkan kesehatan Anda bersama keluarga maupun orang-orang terdekat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *