Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Berandasehat.com – Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan mungkin belum semua orang mengetahuinya. Pedas bisa jadi dianggap sebagai pelengkap rasa makanan yang dikonsumsi. Bagi sebagian orang ketika mengonsumsi makanan pokok kemudian tidak ada rasa pedas seringkali dianggap ada yang kurang. Rasa pedas juga dianggap mampu meningkatkan keinginan untuk makan dan makan lagi. Namun tidak sedikit pula yang menghindari pedas. Bisa jadi karena memang tidak suka atau karena perutnya tidak kuat, tiap mengonsumsi makanan terlalu pedas kemudian diare.

Bagi Anda penggemar makanan pedas ternyata mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk diketahui, rasa pedas pada cabai disebabkan oleh kandungan capsaicin. Nah, kandungan inilah yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengutip dari tempo.co berikut ini beberapa Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan yaitu :

1. Mampu Menurunkan Berat Badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwasanya makanan pedas ternyata mampu membakar lebih banyak kalori. Hal ini dikarenakan pedas tersebut mampu meningkatkan sistem metabolisme yang terjadi pada tubuh hingga 8 persen. Selain itu, jika orang ternyata tidak terlalu suka pedas maka ia tidak akan menghabiskan makanannya alhasil kalori dari makanan yang dikonsumsi lebih sedikit yang masuk dalam tubuh.

2. Menyehatkan Jantung. Kandungan capsaicin dikatakan juga mampu menimbulkan sensasi panas di lidah. Nah, sensasi panas inilah yang dikatakan mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini mengacu pada sebuah penelitian American Chemical Society yang menyebutkan kandungan capsaicin mampu menguranngi penumpukan kolesterol. Selain itu juga mampu meningkatkan aliran darah. Kandungan tersebut juga mampu menghambat gen penyebab penyempitan arteri pada  jantung.

3. Mampu Mencegah Terkena Kanker. Berdasarkan data American Cancer Society menyebutkan ada beberapa jenis makanan pedas yang memiliki sifat menangkal kanker. Kandungan capsaicin itulah yang disebut mampu menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab kanker prostat. Makanan pedas selain cabai yang mengandung curcumin antioksidan aktif seperti rempah-rempah pedas dikatakan juga mampu mencegah  kanker.

4. Mampu Menurunkan Tekanan Darah. Kandungan capsaicin dikatakan juga mampu meningkatkan nitric oxide. Senyawa ini mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari peradangan. Cabai rawit disebut sebagai sumber makanan pedas yang mampu menurunkan tekanan darah paling cepat dibandingkan jenis cabai lainnya.

Semoga beberapa informasi mengenai Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan akan membuat Anda tidak ragu untuk memasukkan makanan pedas dalam menu makanan sehari-hari. Namun tetap jangan berlebihan agar tidak terkena mulas, diare atau penyakit gangguan pada lambung lainnya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *