Manfaat Musik Bagi Perkembangan Anak

BerandaSehat.com – Manfaat Musik Bagi Perkembangan Anak bisa dijadikan sebagai referensi mengenai pentingnya mengenalkan musik bagi buah hati. Untuk mendukung tumbuh kembang buah hati memerlukan banyak faktor. Faktor makanan yang dikonsumsi, faktor lingkungan, faktor keluarga terutama orang tua sangat berperan penting. Salah satu yang mempengaruhi perkembangan anak adalah musik. Apalagi selama ini ada begitu banyak penelitian yang menyebutkan mengenai manfaat musik bagi perkembangan otak anak-anak.

Manfaat Musik Bagi Perkembangan Anak dipercaya mampu meningkatkan koordinasi fisik, membantu perkembangan mental pada anak dan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak-anak. Musik juga dikatakan membantu meningkatkan kemampuan sosial, kreatifitas maupun meningkatkan kemampuan daya ingat. Mengutip dari harian Kompas, ketika anak-anak dikenalkan musik sejak usia 3 hingga 6 tahun dikatakan membantu perkembangan indra pendengaran. Kemudian pada usia 8 hingga 9 tahun merupakan masa dimana otak kanan maupun kiri akan terhubung. Selain itu pada penghubung otak kanan maupun kiri juga akan mengalami penebalan. Musik juga dipercaya membantu meningkatkan kecerdasan buah hati ketika dikenalkan sebelum usia 8 tahun.

Bagaimana cara agar anak-anak bisa merasakan manfaat musik bagi perkembangan otak mereka? berikut ini ada beberapa cara yang bisa dicoba yaitu :

Mengenalkan musik pada anak-anak misalnya dengan membiasakan mendengarkan musik menjelang tidur. Tentu saja musik atau lagu yang berirama ringan atau musik instrumental sehingga buah hati bisa istirahat lebih tenang dan relaks. Cara ini bisa diimbangi dengan membacakan mereka buku cerita atau mendongeng.

Mengenalkan anak-anak dengan alat musik. Misalnya dengan memasukkan mereka di kursus musik. Apalagi ada penelitian yang mengatakan bahwasanya bermain musik baik untuk perkembangan otak anak dan membantu mengontrol atau mengelola emosi anak. Selain itu ketika anak-anak mengikuti kursus musik mereka juga akan belajar bersosialisasi dengan teman-teman baru. Alat musik yang direkomendasikan adalah piano, organ, biola dan gitar. Dentingan piano atau organ membantu meningkatkan kreatifitas otak anak-anak.

Jadi jangan ragu untuk mengenalkan musik maupun alat musik pada anak-anak. Tetapi sebaiknya tetap cermat dalam mengenalkan mereka dengan musik. Sebaiknya disesuaikan dengan usia. Sehingga Manfaat Musik Bagi Perkembangan Anak pun benar-benar bisa dirasakan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •