Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Berandasehat.com – Saat ini umat Islam tengah memulai menjalankan ibadah puasa hingga 30 hari ke depan. Selain sebagai bentuk ibadah, puasa sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Puasa identik sebagai proses untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh atau biasa disebut sebagai detoksifikasi. Jika belum mengetahui apa saja Manfaat Puasa Bagi Kesehatan maka tidak ada salahnya membaca informasi berikut.

Setidaknya ada beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang perlu diketahui, yaitu :

1. Proses Detoksifikasi Sistem Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan. Saat puasa, berarti tubuh pun memiliki waktu istirahat untuk mengonsumsi makanan. Hal ini akan membuat tubuh akan mengurangi cadangan lemak untuk membantu produksi energi. Sehingga lemak dalam tubuh pun berkurang alhasil berat badan pun juga berkurang. Selain itu pada saat proses pembakaran lemak juga akan membakar racun yang tertimbun dalam lemak.

2. Lebih Mudah Menyerap Nutrisi Makanan. Saat puasa akan memungkinkan otot mampu lebih maksimal saat menyerap nutrisi makanan. Hal ini tidak lain karena adanya peningkatan hormon adiponectin yang dihasilkan kombinasi saat sahur dan puasa. Metabolisme tubuh lebih maksimal dan efisien.

3. Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol. Menurut penelitian disebuatkan bahwasanya puasa mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Rendahnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh tentu akan semakin mengurangi risiko penyakit misalnya stroke, jantung dan lainnya.

4. Mampu Meningkatkan Kemampuan Kinerja Otak. Puasa dikatakan mampu mendorong tubuh lebih banyak memproduksi sel-sel dalam otak. Hal ini mampu meningkatkan fungsi otak. Selain itu saat puasa juga mampu menurunkan hormon kortisol yang dihasilkan kelenjar adrenal. Hal ini berarti mampu menurunkan tingkat stress yang dialami. Tidak hanya selama berpuasa namun juga setelah bulan puasa.

5. Mengurangi Kebiasaan Gaya Hidup yang kurang tepat. Salah satu kebiasaan buruk yang kemungkinan berkurang adalah merokok. Jika berpuasa berarti mampu mengurangi frekunsi merokok. Hal ini berarti akan semakin meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu puasa juga mampu mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan secara sembaranganan.

Namun perlu diingat, meskipun ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan berpuasa namun tetap perlu menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Selain itu tetap perlu memperbanyak minum air putih untuk mengatasi kekurangan cairan. Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan agar peredaran darah tetap lancar. Dengan mengetahui apa saja Manfaat Puasa Bagi Kesehatan maka tidak perlu ragu untuk menjalankannya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *