Manfaat Sawi Putih bagi Kesehatan

BerandaSehat.om – Manfaat Sawi Putih bagi Kesehatan tidak perlu diragukan lagi sehingga untuk mengonsumsinya setiap hari pun tidak menjadi masalah. Selama ini sawi putih termasuk salah satu jenis sayuran yang mudah diperoleh dengan harga yang relatif terjangkau. Mudah ditemukan di supermarket maupun pasar tradisional. Bisa dikonsumsi mentah sebagai lalapan atau campuran salad, bisa juga dikonsumsi setelah dibuat aneka masakan misalnya tumis, cap cay, dan lainnya. Sawi putih juga bisa diawetkan misalnya dibuat asinan (makanan khas Jawa Barat) atau kimchi (makanan khas Korea).

Lalu apa saja Manfaat Sawi Putih bagi Kesehatan? perlu diketahui terlebih dahulu kandungan nutrisinya sehingga bisa diketahui manfaatnya, antara lain :

Vitamin K dan kalsium. Kandungan vitamin K pada sawi putih akan membantu upaya pencegahan terhadap osteoporosis. Selain itu juga memberikan asupan kalsium maupun membantu mengatur protein tulang. Sangat cocok bagi siapa saja yang mungkin alergi atau tidak suka mengonsumsi susu maupun produk olahannya sebagai sumber kalsium.

Vitamin A, C, E. Ketiga vitamin tersebut juga bisa ditemukan pada sayuran yang memiliki nama latin Brassica rapaconvar. Ketiganya merupakan kombinasi antioksidan yang sangat baik untuk mencegah penyakit. Vitamin A akan membantu menjaga kornea mata tetap sehat, vitamin C baik untuk membantu proses penyembuhan luka maupun menjaga daya  tahan tubuh sedangkan vitamin E akan membantu menjaga kehalusan maupun kesehatan kulit.

Asam Folat. Kandungan ini juga bisa ditemukan di sawi putih yang akan membantu mencegah terkena anemia atau kekurangan sel darah merah.

Asam Alfa-linoleat (ALA) dan asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Selain itu akan membantu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah terkena penyakit jantung maupun risiko terkena penyakit diabetes mellitus tipe dua.

Goitrogen. Kandungan nutrisi ini akan membantu menghambat fungsi kelenjar tiroid. Untuk diketahui kelenjar tiiroid ini bisa memicu penyakit gondok.

Jadi bagaimana? Apakah akan memasukkan sawi dalam menu harian? Hanya saja perlu diketahui meskipun sawi putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bukan berarti harus dikonsumsi setiap hari. Mengapa? Karena jika hanya mengonsumsi salah satu jenis sayuran atau makanan tertentu saja maka kebutuhan nutrisi tubuh tidak akan terpenuhi. Perlu mengonsumsi beragam makanan sehingga nutrisi pun terpenuhi. Tetapi beberapa informasi mengenai Manfaat Sawi Putih bagi Kesehatan semoga bisa semakin meyakinkan keluarga untuk memasukkannya dalam menu hari Anda dan keluarga.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •