Masalah Kesehatan yang Dialami saat Usia Lanjut

Berandasehat.com –Masalah Kesehatan yang Dialami saat Usia Lanjut biasanya akan dialami karena masa transisi dari usia dewasa ke usia lanjut cenderung terjadi perubahan yang dialami tubuh seseorang. Perubahan yang terjadi condong adanya penurunan fungsi organ dan jaringan tubuh. Misalnya tubuh yang mengalami penurunan kualitas fungsi organ dan jaringan tubuh seperti ginjal, jantung, hati, otak, dan lainnya.

Adanya penurunan fungsi organ dan jaringan tubuh inilah yang kemudian muncul berbagai Masalah Kesehatan yang Dialami saat Usia Lanjut. Beberapa diantaranya adalah :

1. Sembelit. Orang dengan usia lanjut, terkadang mengalami susah buang air besar atau sembelit. Hal ini dikarenakan menurunnya aktifitas fisik yang dilakukan. Belum lagi asupan serat yang berkurang, konsumsi air putih yang tidak banyak, terlalu banyak pikiran hingga stress dan lainnya. Jika seseorang memiliki penyakit wasir maka sembelit jelas akan memberikan masalah baru. itulah sebabnya perlu tetap menjaga aktifitas fisik, konsumsi serat dan air putih yang banyak.

2. Osteoporosis. Masalah satu ini banyak dialami oleh orang usia lanjut. Kepadatan tulang yang berkurang. Itulah sebabnya sejak usia masih muda perlu menabung banyak kalsium dan tetap menjaga aktifitas fisik. Berjemur, mengonsumsi sayur, produk olahan susu dan tetap berolahraga. Baca juga 5 Gaya Hidup yang Menganggu Kesehatan Tulang.

3. Kegemukan. Faktor pola makan yang tidak diatur belum lagi aktifitas fisik yang semakin berkurang membuat orang usia lanjut mengalami kegemukan. Itulah sebabnya perlu adanya pengaturan pola makan sehingga kebutuhan gizi pun terpenuhi dan berat badan bisa terjaga.

4. Terlalu kurus. Kebalikan dari kegemukan, terlalu kurus terkadang dialami sebagai besar lansia yang terlalu ketat dalam mengatur pola makan. Hanya mengurangi makan namun tidak diatur pemenuhan gizi yang diperlukan tubuh. Terlalu kurus bisa juga terjadi karena adanya kerusakan gigi yang terjadi.

5. Kekurangan zat besi dan mineral lainnya. Terlalu ketat dalam pengaturan pola makan tidak hanya bisa mendorong lansia menjadi terlalu kurus saja. Namun juga mengalami kekurang zat besi, vitamin dan mineral lainnya.

6. Berbagai penyakit bisa menyerang. Hal ini dikarenakan karena menurunnnya fungsi organ-organ tubuh misalnya jantung, ginjal, pankreas, hati, lambung, pembuluh darah dan lainnya. Daya tahan tubuh pun semakin berkurang. Serangan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gula darah naik, penurunan daya ingat, dan lainnya bisa setiap saat mengancam.

Nah, agar tubuh memperoleh gizi seimbang dan pola makan yang diatur juga tepat maka tidak ada salahnya membuat jadwal khusus untuk medical check up. Misalnya dilakukan sebulan sekali untuk mengetahui tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, berat badan dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya berbagai Masalah Kesehatan yang Dialami saat Usia Lanjut.