Mata Buah Hati Agak Juling? Jangan khawatir!

Berandasehat.com – Adakalanya ditemui bayi-bayi dengan mata yang juling khususnya setelah belum lama dilahirkan. Mungkin salah satunya adalah keponakan atau justru buah hati Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut merupakan hal wajar. Pada dasarnya bayi yang baru lahir memang sudah bisa melihat namun belum bisa melihat secara fokus. Itulah mengapa bayi agak juling ketika melihat. Biasanya setelah bayi tersebut berusia 3 hingga 4 bulan, mereka bisa melihat dengan fokus yang baik dan tidak lagi juling.

Bagaimana jika sampai berusia hingga 6 bulan, bayi tetap saja juling? Tentu saja Anda harus membawanya ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Begitu pula saat setelah lahir bayi tidak juling namun begitu berusia sekitar 6 bulan ternyat bayi mulai tampak juling maka Anda juga perlu memeriksakannya. Juling yang terjadi di usia ini sering disebut sebagai strabismus yang didapat (acquired). Kondisi ini biasanya terjadi ketika bayi berusia 1 tahun ke atas. Penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Saat membawanya ke dokter perlu diinformasikan dengan detail kapan perubahan mata juling tersebut terjadi. Jika ada anggota keluarga yang memiliki mata yang juling juga bisa diinformasikan.

Anda perlu cermat memperhatikan kondisi bayi setelah lahir begitu pula perkembangannya. Termasuk saat bayi sedang bermain ternyata pandangan mereka normal namun saat diam saja, pandangan matanya juling, Anda perlu memeriksakannya. Setiap perubahan sekecil apapun pada buah hati sebaiknya diketahui sehingga tidak terlambat ditangani jika ternyata ada sesuatu yang kurang normal. Salah satunya kondisi mata yang juling.

Jika Anda cermat dan perhatian pada kondisi bayi kemudian menemukan kondisi mata juling tersebut maka akan segera ditemukan solusi terbaik. Misalnya bagaimana memberikan terapi atau pelatihan khusus pada buah hati yang bisa dilakukan sehari-hari agar pandangan buah hati menjadi normal. Bisa jadi diberikan pelatihan khusus pula dari dokter.

Namun jika Anda menemukan kasus mata juling pada anak, langkah pertama tentu saja jangan langsung panik. Tetap tenang dan segera dibawa ke dokter untuk memperoleh solusi terbaik.