Mencegah dan Menangani gatal Pada Anak

gatal pada anakGatal dirasakan oleh beberapa anggota tubuh dan menyebabkan keinginan untuk menggaruk sehingga gatalnya menjadi berkurang atau hilang. Gatal bisa di sebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Alergi bulu binatang seperti terkena bulu kucing, anjing, atau ulat sehingga bagian tubuh yang mengalami kontak menjadi gatal dan ingin digaruk.
  • Gigitan serangga seperti nyamuk sehingga kulit anak akan terasa gatal dan merah, dan bentol.
  • Debu dan kotoran yang ada di sekitar anak. Alergi terhadap debu dan sejenisnya juga bisa menyebabkan gatal-gatal.
  • Berbagai macam penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap dan biang keringat

Cara mencegah dan Menangani Gatal

Gatal bisa di cegah dengan menyesuaikan penyebab masing-masing, yaitu:

  1. Gatal karena alergi bulu binatang bisa dihindari dengan tidak memelihara binatang berbulu. Tidak pula mendekatkan anak pada binatang berbulu yang membuatnya gatal.
  2. Gatal karena gigitan nyamuk dan serangga lainnya bisa di cegah dan diatasi dengan penyemprotan serangga secara reguler. Kebersihan lingkungan juga perlu diperhatikan agar serangga tidak memiliki media yang cocok untuk berkembang biak di sekitar rumah, seperti banyaknya genangan air sehingga nyamuk mudah berkembang biak.
  3. Gatal karena debu dan kotoran bisa di cegah dengan menjaga kebersihan misalnya dnegan rajin mandi, membersihkan kamar, rumah dan juga lingkungan sekitar.
  4. Gatal karena penyakit kulit bisa di cegah dengan menjaga kebersihan dan menghindarkan anak dari penderita, agar tidak tertular. Jika ada anggota keluarga yang sakit sebaiknya mencuci bajunya dipisahkan dan sesegera mungkin diobati dengan membawa kedokter.
  5. Gatal bisa ditangani dengan memberikan minyak kayu putih, minyak tawon, minyak telon, salep gatal, dan bedak gatal. Penggunaan obat gatal tersebut bisa ditoleransi bagi anak yang berusia lebih dari 7 tahun. Jika terjadi pada bayi dan balita, sebaiknya berkonsultasi ke dokter tentang gatal agar mendapatkan obat yang pas dan aman bagi kulit mereka yang masih sensitif.