Mengapa Perempuan Mudah Marah Saat Datang Bulan?

Berandasehat.com – Sudah sewajarnya jika setiap bulan, kaum wanita akan memperoleh masa ovulasi atau menstruasi atau datang bulan. Menjelang atau pada saat datang bulan, perempuan biasanya mudah marah, jengkel, ketus, masalah sepele tiba-tiba diperdebatkan dan seterusnya. Sebagai suami atau pasangan terkadang mungkin kesal juga, hanya gara-gara sepele kok berantem. Atau tidak tahu menahu apa masalahnya kok tiba-tiba dicuekin, dimarahin dan lainnya. Nah, sebagai pasangan yang baik jangan mudah tersulut emosi juga. Cari tahu kali aja memang lagi datang bulan. Bila perlu ingat-ingat tanggal berapa saja, biasanya istri atau pasangan mengalami datang bulan.

Mengapa Perempuan Mudah Marah Saat Datang Bulan? Hingga kini, belum ada jawaban ilmiah yang mampu menjelaskannya. Menurut Huffington Post selama bertahun-tahun sudah banyak ilmuwan yang berupaya mencari tahu kaitan mood perempuan menjelang menstruasi, namun belum pernah menemukan bukti yang nyata apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya. Jadi perempuan lebih sensitif, gampang sedih, atau marah tanpa sebab saat menstruasi memang belum diketahui secara pasti.

Temuan ilmiah mengenai datang bulan, adalah kram perut yang sebagian besar dialami para perempuan saat datang bulan. Adanya kram perut ini membuat para wanita yang sedang menstruasi lebih cepat lelah dan mengantuk. Cara paling tepat untuk mengatasinya tentu saja beristirahat atau tidur hingga rasa sakit reda. Namun ada beberapa cara yang banyak disarankan untuk mengurangi gelaja pramenstruasi (PMS). Beberapa diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Asupan Kalsium.

Saat menstruasi kalsium pada tubuh wanita akan ikut keluar bersamaan dengan darah menstruasi. Alhasil kalsium wanita pun akan banyak berkurang. Itulah sebabnya saat menjelang, pada saat atau setelah menstruasi ada bainya memperbanyak asupan kalsium. Konsumsi kalsium juga dipercaya mampu mengontrol gelaja PMS misalnya kram perut, perubahahan suasana hati dan lainnya. Sumber kalsium yang bisa dikonsumsi misalnya produk olahan susu, ikan, kemudian sayur seperti buncis dan lainnya.

2. Olahraga Teratur.

Olahraga memang dipercaya mampu membuat suasana hati lebih baik. Sehingga tidak ada salahnya jika tetap berolahraga selama menstruasi. Bahkan ada beberapa orang yang percaya bahwasanya dengan berolahraga sebelum menstruasi dapat mengurangi rasa sakit atau kram perut yang dialami saat menstruasi.

3. Atur Pola Makan.

Kurangi makanan atau minuman berkafein, manis, bersoda, ataupun daging merah karena dapat memperparah gelaja PMS. Perbanyak sayuran, buah, biji-bijian atau kacang-kacangan yang mengandung vitamin B karena mampu mengurangi gelaja PMS terutama suasana hati dan depresi.

Mungkin masih banyak cara lain untuk mengatasi gelaja PMS namun beberapa cara tersebut bisa dilakukan. Nah, semoga tidak lagi ikut emosi saat pasangan tiba-tiba marah karena menjelang datang bulan. Berikan saja kejutan dengan coklat, buah-buah segar dan makanan lainnya. Apalagi saat datang bulan, perempuan juga lebih mudah lapar, suka makan. Mengapa Perempuan Mudah Marah Saat Datang Bulan? karena sudah sewajarnya, jadi tidak perlu bingung ­čÖé

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *