Mengenal Amnesia dan Penyebabnya

amnesia dan penyebabnya

amnesia dan penyebabnyaAmnesia dan Penyebabnya – Gangguan amnesia adalah suatu gangguan daya ingat yang ditandai dengan tidak adanya kemampuan mempelajari hal-hal baru atau mengingat hal-hal yang telah di pelajari sebelummnya serta menimbulkan hambatan pada fungsi sosial dan pekerjaan. Amnesia dan dibedakan dari gangguan disosiatif ( misalnya amnesia disosiatif, fugue disosiatif, dan gangguan identitas disosiatif ) dengan adanya penyebab yang di duga berhubungan dengan kondisi medik umum, seperti adanya riwayat trauma kepala atau keracunan karbonmonoksida ( CO ).

Beberapa Penyebab Amnesia

Gangguan pada daya ingat umumnya diakibatkan kerusakan struktur neuroanatomi tertentu, pada satu atau dua belah hemisfer, namun lebih muda timbul bila yang terkena hemisfer kiri.

Gangguan amnesia dapat disebabkan banyak hal, diantaranya dapat dilihat sebagai berikut

  • Gangguan Sistemik : Defisiensi Tiamin ( sindrom korsakoff ) dan hipoglikemia ( gula darah rendah )
  • Gangguan Otak Primer :¬† kejang, trauma kepala, tumor otak, penyakit serebrovaskuler, ensefalitis karena virus herpes simpleks, hipoksia, sklerosis multipel, amnesia transien global, tindakan bedah otak, terapi syok listrik.
  • Obat-obatan : alkohol, neurotoksin, benzodiazepin dan sejenisnya.

Apa Gejala Amnesia ?

Gejala utama dari amnesia adalah ketidakmampuan dalam mempelajari hal-hal baru ( amnesia anterograd ) atau mengingat hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya ( amnesia retrograd ). Daya ingat jangka pendek biasanya terganggu, bahkan pada kasus yang berat, orientasi tempat dan waktu juga terganggu. Namun, orientasi orang jarang terganggu. Daya ingat jangka panjang yang meliputi pengalaman pengalaman masa kecil tidak terganggu. Daya ingat segera masih baik. Gejala penyerta lainnya antara lain perubahan kepribadian, apatis, kurang inisiatif, agitasi, dan kebingungan. Pasien tidak mempunyai tilikan diri yang baik terhadap penyakitnya.

Penyakit Amnesia dapat timbul secara segera seperti pada trauma dan penyakit serebrovaskuler. Dapat juga timbul secara bertahap seperti pada kekurangan nutrisi dan tumor otak. Durasinya dapat singkat, kurang dari sebulan ( amnesia transien ) atau lebih dari sebulan ( amnesia persisten ).

Bagaimana Mengobati Amnesia ?

Pengobatan terutama ditujukan kepada penyakit yang mendasarinya. Pendekatan bersifat suportif yang berkaitan dengan waktu dan tempat akan sangat membantu pasien dan mengurangi rasa cemasnya. Setelah episode amnesia teratasi , beberapa jenis psikoterapi ( kognitif, psikodinamik, atau suportif ) mungkin dapat membantu pasien.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *